Cara akurat membaca Hasil Test Pack Kehamilan


Cara membaca hasil test pack kehamilan adalah hal penting yang harus Anda kuasai. Test pack merupakan alat ukur awal apakah seorang wanita berhasil hamil atau tidak. Harga alat ini juga terjangkau dan dapat dibeli dengan mudah di apotik manapun.

Sebelum Anda konsultasi ke dokter kandungan, Anda dapat mengetes hamil atau tidak dengan menggunakan test pack. Apalagi jika Anda sudah telat datang bulan, memang test pack merupakan alat termudah untuk mendeteksi kehamilan.


Waktu yang tepat menggunakan Test Pack


Waktu yang terbaik jika Anda sudah terlambat datang bulan. Meskipun memasuki 3 – 4 minggu kehamilan maka hormon hCG akan terlihat. Tetapi dibandingkan Anda membeli test pack terus menerus, sebaiknya sesudah haid saja Anda menggunakan test pack tersebut. Jika Anda hendak mencobanya lakukan pengetesan saat pagi hari sesudah bangun tidur ketika buang air kecil yang pertama kalinya.

Jenis-jenis test pack


Terdapat beberapa macam test pack. Antara lain test pack dengan bentuk strip, pallet, dan juga ada yang digital. Biasanya banyak bunda yang memilih test pack strip dikarenakan harganya yang murah sekali, mulai 2500 rupiah saja.

Mengenal fungsi test pack


Fungsinya adalah untuk mendeteksi konsentrasi dari hCG (Human Chorionic Gonadotropin), atau hormon kehamilan, dalam satuan mIU (Mili International Unit).

Caranya dengan mengambil sampel urine. Biasanya hormon tersebut dilepas di dalam darah sesudah proses pembuahan, sel telur menempel ke dinding rahim, plasenta akan mulai terbentuk setelahnya. Sesudah usia kehamilan besar, akan diikuti oleh hormon hCG yang semakin besar pula.

Sangat penting untuk Anda mengetahui lebih dini apakah Anda sedang hamil atau tidak, khususnya pada awal kehamilan dan jangan sampai terlambat. Sebab dengan begitu Anda pun dapat lebih baik menjaga tubuh pada tiap hal dan mencegah terjadinya keguguran. Yang harus dijaga mulai gaya hidup, pilihan makanan dan minuman, porsi istirahat. Dengan ditest pack maka kehamilan pun dapat diketahui lebih awal – Untuk berjaga-jaga.


Cara memakai testpack


Ketika buang air kecil, tampung air seni pada wadah kecil. Kemudian sediakan test pack lalu Anda celupkan dalam urine dengan batas waktu max 20 detik. Kemudian Anda baca hasilnya selama 30 hingga 60 detik.

Anda jangan terlalu lama saat melihat hasil test pack sebab hasil yang dilihat dapat salah. Terkadang agar sengaja terlihat seperti sedang hamil, banyak bunda yang justru menyelupkan test pack lama-lama. Anda tidak sendiri.

Setiap kali hendak melakukan dan melihat hasil test pack pasti deg-degan, dan itu merupakan hal yang wajar.


Beberapa macam hasil test pack kehamilan


1. Negatif
2. Invalid test pack
3. Garis test pack samar
4. Positif

Untuk yang negatif jadi garis yang terlihat hanya 1. Di mana itu mengartikan tak ada kadar hormon hCG. Anda tidak hamil. Bisa dicoba sesudah 1 s/d 2 minggu lagi, sebab hormon hCG tiap orang tidak sama. Jadi disarankan Anda melakukan test ulang lagi setelah seminggu, selama Anda masih telat datang bulan.

Invalid test pack itu berarti pemakaian test pack yang salah. Garis test pack samar, Anda bisa melihat tentang artinya di artikel 2 garis samar ini.

Yang berikutnya positif. Jadi garis yang muncul di testpack ada 2, warnanya juga terang. Itu sudah positif hamil. Selamat, Anda harus menjaga baik-baik janin dalam kandungan, jangan kecapekan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara akurat membaca Hasil Test Pack Kehamilan"

Posting Komentar