Sudahkah Bunda mengetahui Efek KB Suntik 3 bulan ini?


Sekarang ini ada berbagai macam metode kontrasepsi atau yang dikenal dengan istilah “KB”. Metode tersebut untuk tindakan mencegah kehamilan. Suntik KB 3 bulan sendiri merupakan metode yang cukup populer.

Alasannya karena lebih praktis dan bunda jadi tidak perlu bersusah payah minum pil KB di mana sering kali lupa juga. Tetapi di balik keuntungan menggunakan KB suntik, Anda pun harus mengerti efek samping apa saja yang akan terjadi. Dengan begitu Anda tidak akan kaget pada efek sampingnya dan dapat ditangani dengan terarah tidak sembarangan.


Kandungan KB Suntik 3 Bulan


Anda sekalian perlu mengetahui apa saja kandungan dari KB Suntik 3 bulan ini. Yakni Depo Provera. Ini adalah suspensi cairan yang tersusun atas kristal-kristal mikro medroksiprogesteron asetat atau DMPA.


Pengertian DMPA


Jadi DMPA ini adalah keturunan dari progesterone. Yakni hormon yang terdapat dalam tubuh seorang wanita. Dan disuntikkan dengan takaran atau dosis sebesar 150 mg per 3 bulan 1X.

Hormon DMPA merupakan hormon dengan efek untuk mengentalkan lendir rahim. Dengan begitu sel sp3rma pun terperangkap. Sp3rma akan sulit bergerak menuju rah1m, serta seterusnya. Hormon DMPA pun dapat mencegah ovulasi (Pengeluaran sel telur), membuat dinding rahim tak siap untuk menerima hasil pembuahan. Itulah cara kerja dari KB Suntik 3 bulan yang perlu untuk Anda ketahui.

Efek samping dari menggunakan metode suntik KB 3 bulan


Berikut ini merupakan beberapa efeknya. Yang pertama yakni jika digunakan dalam jangka waktu lama maka bisa menurunkan l*bido, gangguan emosi, pengeringan vag*na, timbulnya jerawat, dan sering gemetar.

Suntik KB 3 bulan dan kepadatan tulang


Ternyata efek samping yang cukup parah lainnya yang juga harus Anda ketahui yakni menggunakan metode ini dapat menurunkan kepadatan tulang. Khususnya jika dilakukan dalam jangka panjang. Sama seperti yang sebelumnya.

Lipid Serum


Efek ketiga adalah pada perubahan kolesterol atau lipid serum. Kolesterol akan meningkat. Sama, yakni jika digunakan dalam jangka panjang.

Pengaruh pada kesuburan dan berat badan


Sesudah suntik KB dihentikan maka kesuburan bunda akan kembali dengan lambat. Sementara itu pengaruhnya pada berat badan yakni bunda akan mudah gemuk. Jadi efek samping pada penambahan berat badan ini merupakan efek samping yang paling ditakuti. Karena bunda tentu ingin tampil cantik dan langsing bukan?


Gangguan menstruasi


Efek yang lain pada gangguan menstruasi. Atau gangguan haid. Entah berupa siklus haid yang memendek atau memanjang.

Selain itu juga terjadi perdarahan ketika menstruasi. Bahkan ada spotting atau ngeflek. Dan juga ada kondisi di mana tak mengalami haid sama sekali atau yang dikenal dengan amenore.


Amenore


Untuk Anda ketahui bahwa kerapkali KB suntik itu menjadi faktor penyebab amenore. Biasanya gangguan haid ini sifatnya hanya sementara waktu. Dan kondisinya juga jarang mengganggu kesehatan.

Kembalinya kesuburan pun terjadi dengan lambat. Oleh karena itu sebelum bunda memutuskan menggunakan metode KB suntik 3 bulan disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. Khususnya jika hendak merencanakan kehamilan untuk jangka waktu dekat.

Efek samping yang ditakuti, seperti yang disebutkan sebelumnya, yakni berat badan yang meningkat. Juga nyeri p*yudara, sakit kepala, itu jarang terjadi. Selain itu sifatnya pun tak berbahaya. Juga akan cepat hilang.

Saat suntikan dihentikan maka menstruasi pun tak segera datang. Sesudah 6 bulan biasanya haid baru datang. Dan semasa tak haid itu, potensi kehamilan tetap ada.

Karena hal tersebut maka sesudah 3 hingga 6 bulan masih tak haid. Kami sarankan bunda untuk check ke dokter kehamilan. Supaya penyebabnya bisa diketahui sebelum terlambat.

Siapa saja yang tidak boleh menggunakan KB Suntik 3 bulan?


Berikut merupakan beberapa kondisi pada bunda yang tidak boleh menggunakan KB suntik 3 bulan. Antara lain:


  1. Kanker p*yudara
  2. Hamil
  3. Darah tinggi
  4. Merokok melebihi 15 batang sehari dan usia melebihi 35 tahun
  5. Beresiko stroke, migrain, penyakit jantung
  6. Kanker organ reproduksi (Karsinoma)
  7. Pendarahan uterus tidak normal


Mengenal suntik KB 1 bulan


Juga ada suntik KB dengan masa yang berbeda yakni 1 bulan. Jadi sama dengan nama prosedurnya. Di mana KB akan disuntikkan per 30 hari sebanyak 1 Kali.

Suntik KB 1 bulan ini juga bekerja dengan metode menghentikan pelepasan dari sel-sel telur yang berasal dari rahim. Serta membuat cairan vag*na menebal, jadi dapat mencegah sp*rma untuk bertemu sel telur dan mencegah kehamilan.

Tetapi suntikan ini dapat menjadikan dinding rahim semakin tipis. Dengan begitu efeknya implantasi sel telur akan semakin sulit. Apabila suntik KB 1 bulan terlambat diberikan maka suntikan ini efektif untuk menunda kehamilan dengan tingkat keberhasilan 99 persen.


Suntik KB 3 bulan dan Suntik KB 1 bulan


Kedua cara di atas adalah yang paling sering digunakan oleh ibu-ibu di Indonesia. Kandungan Suntikan KB 3 bulan adalah hormon progestin. Dan Suntikan KB 1 bulan memiliki kandungan hormon progestin sekaligus estrogen, dan kadar progestin lebih rendah.

Efek samping apapun yang bunda alami semasa menjalankan suntik KB 3 bulan pasti membuat bunda khawatir. Tetapi jangan takut. Langsung saja berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan untuk mendapatkan kepastian.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudahkah Bunda mengetahui Efek KB Suntik 3 bulan ini?"

Posting Komentar