Mengalami Muntah-muntah pada Usia kehamilan berapa


Seorang calon ibu muntah-muntah ketika hamil itu pada usia kehamilan ke berapa. Bagi Anda yang baru pertama kali mengalami kehamilan tentu penasaran dengan ini. Biasanya kondisi tersebut terjadi di trimester pertama ibu hamil, dan cenderung merasa mual-mual. Tetapi tidak sampai muntah. Untuk beberapa ada juga yang sampai mengalami muntah atau benar-benar keluar. Umumnya pagi hari merupakan waktu di mana kondisi yang satu ini terjadi. Dan juga diikuti dengan perasaan pusing, kepala seperti penuh dan menjadi penat. Umumnya dikenal dengan istilah morning sickness. Tanda tersebut dimulai ketika hamil 6 minggu, mulai HTA. Mari baca selengkapnya.


Mual seharian penuh


Tetapi juga ada beberapa ibu hamil yang mengalami mual sampai dengan satu hari penuh, hingga malam juga masih mual berlebihan. Jika itu kondisi yang Anda alami maka perlu dikonsultasikan ke dokter dengan segera. Sebab ditakutkan terjadi apa-apa pada kehamilan yang tengah Anda jalani. Perasaan sangat mual tersebut juga berpotensi mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan janin dalam kandungan, oleh karena itu asupan gizi pun harus benar-benar dijaga, meskipun sedang dalam kondisi mual.

Mual sampai 7 bulan


Tetapi juga ada ibu hamil yang mengalami mual hingga 7 bulan, beberapa bahkan mencapai waktu 9 bulan lamanya. Walaupun memang kasus tersebut jarang terjadi. Umumnya sesudah tiga bulan pertama maka mual pun akan berhenti dengan sendirinya, kemudian digantikan nafsu makan yang benar-benar tinggi.

Kasus lain


Juga ada kasus lain yang jarang terjadi. Di mana tidak ada rasa mual sama sekali, tetapi hanya merasa sedikit pusing, hingga waktunya melahirkan. Oleh karena itu Anda tidak perlu terlalu merasa khawatir. Umumnya memang ibu hamil akan merasakan mual. Tetapi tidak sampai kondisi muntah yang berlebihan. Sekarang juga sudah banyak produk susu hamil yang menggunakan formula anti mual yang dapat Anda coba. Biasanya dokter kandungan akan meresepkan obat yang berguna untuk mengurangi mual pada seorang ibu hamil.

Hal yang wajar


Muntah dan mual kala hamil muda merupakan sebuah kondisi yang wajar. Kurang lebih sebanyak 50 sampai dengan 90% dari wanita hamil mengalami mual dan muntah ketika usia di bawah dari 20 minggu. Muntah dan mual biasanya dimulai pada waktu kehamilan minggu kelima, frekuensi muntah yang paling tinggi ketika usia kehamilan sembilan minggu. Dan frekuensi aka menurun sesudah 9 minggu, akhirnya ketika mencapai usia kehamilan 16 sampai dengan 20 minggu, sebanyak 95% muntah mual tersebut akan hilang dengan sendirinya. Meskipun kurang lebih sebanyak 5% dari ibu hamil masih merasakan muntah dan mual hingga anak dilahirkan. Meskipun dapat dibilang kalau angka tersebut cukup besar, namun ternyata Cuma kurang lebih 0,3 sampai dengan 2% dari ibu hamil yang muntah dan mual, yang akan membutuhkan perawatan pada rumah sakit. Untuk lainnya Cuma membutuhkan rawat jalan serta terapi suportif serta penggunaan obat. Artikel lainnya posisi duduk ibu hamil.

Pengobatan


Untuk cara mengobati, dapat dilakukan dengan cara yang paling dasar dahulu. Yakni dengan mengubah pola makan ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil menghindari makan dengan porsi terlalu banyak dan menyebabkan perut menjadi benar-benar penuh. Ibu hamil dapat makan dengan porsi yang lebih kecil per 1 sampai dengan 2 jam. Penelitian menyebutkan jika dengan meningkatkan konsumsi protein, minum jahe, konsumsi permen mint, serta vitamin B6, bisa menurunkan kondisi muntah dan mual. Sekian artikel tentang mengalami muntah-muntah pada usia kehamilan berapa, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengalami Muntah-muntah pada Usia kehamilan berapa"

Posting Komentar