Kesehatan Bayi dapat Terpengaruh dari Posisi Duduk Ibu Hamil

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Kesehatan Bayi dapat Terpengaruh dari Posisi Duduk Ibu Hamil: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Kala hamil posisi duduk ternyata juga harus diperhatikan. Karena salah-salah kesehatan bayi dan bumil dapat menjadi korbannya. Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang posisi duduk seorang ibu hamil yang tak boleh sembarangan, dan memang semua itu ada penjelasan medisnya. Anda harus berhati-hati ketika dalam waktu-waktu sepanjang kehamilan. Sebab melakukan sesuatu yang salah dapat mengancam nyawa baik ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan.

Posisi Duduk yang Sebaiknya Dihindari saat Hamil


1. Posisi duduk setengah


Seringkali ibu hamil menggunakan posisi duduk setengah. Anda harus tahu di posisi ini posisi sumsum tulang belakang akan menahan berat tubuh. Itulah alasan mengapa seorang ibu hamil yang menggunakan posisi duduk setengah untuk jangka waktu lama akan merasakan pegal dan nyeri pada punggung mereka.


2. Duduk tanpa Menggunakan Sandaran


Ini juga merupakan posisi duduk yang harus dihindari oleh ibu hamil. Karena saat hamil jika duduk tanpa memakai sandaran akan mengakibatkan punggung berada di posisi tegang. Efek yang akan terjadi adalah punggung menjadi terasa pegal dan cepat nyeri. Oleh karena itu disarankan apabila tengah duduk, sebaiknya memilih kursi yang mempunyai sandaran pada bagian belakangnya. Tujuannya tidak lain adalah supaya punggung ibu hamil berada di dalam kondisi rileks, nyaman.

3. Posisi Duduk Ibu hamil Membungkuk ke Depan


Yang ketiga adalah posisi duduk yang membungkuk ke arah depan. Ini merupakan posisi yang dapat dibilang paling berbahaya untuk seorang ibu hamil. Sebab ketika Anda posisi tubuh membungkuk pada arah depan, secara otomatis beban tubuh pun akan beralih menekan perut. Apabila pada masa kehamilan yang sudah memasuki fase lanjut, maka tulang rusuk bisa menusuk tubuh bayi di dalam kandungan, kemudian meninggalkan bekas permanen pada tubuh bayi.

4. Duduk Posisi kaki Menggantung


Berikutnya, yang harus Anda hindari juga adalah duduk dengan posisi kaki yang menggantung. Posisi duduk ini bisa meningkatkan aliran darah menuju kaki. Efeknya kaki mengalami pembengkakan. Masalah kaki bengkak pada ibu hamil bisa terjadi karena ini.

5. Duduk Posisi Bungkuk


Memang bagi beberapa orang posisi duduk bungkuk akan terasa nyaman. Tetapi saat hamil posisi tersebut harus dijauhi sementara. Di mana ketika berada di posisi membungkuk, maka punggung tak terjaga lurus. Dan seperti yang sebelumnya, pada posisi duduk membungkuk maka beban akan dibebankan ke sumsum tulang belakang. Keadaan ini bisa membahayakan keselamatan bumil dan janin dalam perut. Oleh karena itu posisi duduk bungkuk harus dihindari.



Posisi Duduk Ibu Hamil yang Aman


Posisi duduk yang benar untuk seorang ibu hamil adalah posisi selain yang di atas. Anda harus duduk dengan tegak. Yang penting berlawanan dengan cara duduk yang sudah kami ketikkan di atas. Jangan lupa untuk menyeimbangkan berat badan ketika Anda sedang duduk. Sewaktu dalam masa-masa kehamilan, kaki pun akan rentan terserang penyakit nyeri, yang disebabkan berat badan meningkat drastis. Oleh karena itu pada saat duduk Anda dapat mencoba menyeimbangkan berat badan. Dengan begitu beban pada kaki pun tidak akan terlalu besar dan kondisi kaki nyeri yang membuat tidak nyaman, akan bisa Anda hindari.

Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa posisi duduk untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan. Sebaiknya Anda mencatat posisi duduk yang dilarang di atas, khususnya jika Anda tidak gampang dalam mengingat. Karena ini sangat penting dan tidak boleh Anda abaikan.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesehatan Bayi dapat Terpengaruh dari Posisi Duduk Ibu Hamil"

Poskan Komentar