Cara Aman Menyembuhkan Kepala Pusing ketika Hamil


Cara aman mengatasi kepala pusing saat hamil, apakah ada? Kondisi pusing bisa dialami kapan saja, juga ketika Anda hamil. Untuk pusing saat hamil itu bisa dipengaruhi oleh kehamilan. Di mana biasanya rasa pusing tersebut muncul ketika awal trimester kehamilan. Sesungguhnya ini bukanlah hal yang aneh dan baru, sebab pada awal trimester kehamilan, Anda akan mengalami tekanan darah yang rendah di dalam tubuh. Tekanan darah yang turun saat masa kehamilan bisa diakibatkan karena aktivitas dari hormon progesterone yang akan melemaskan juga melebarkan dinding pembuluh darah di dalam tubuh. Pusing ketika hamil tak hanya dapat terjadi pada trimester awal kehamilan saja, melainkan juga di masa trimester kehamilan ke – 2 bahkan ke – 3 sekalipun. Mari baca selengkapnya.

Rasa Pusing Saat Trimester kedua Kehamilan


Di trimester kedua, perkembangan serta pertumbuhan janin di dalam rahim akan menyebabkan tubuh mempunyai cairan dan darah lebih banyak. Dengan begitu, dapat menyebabkan terjadinya peningkatan pada tekanan darah, yang pada akhirnya akan mengakibatkan ibu hamil mengalami kondisi pusing atau sakit kepala tersebut.

Perubahan hormon yang terjadi ketika hamil, juga menyebabkan terjadinya kondisi pembuluh darah semakin lebar. Karena itu tubuh pun secara otomatis akan mengalirkan darah lebih banyak menuju bayi di dalam kandungan. Detak jantung dan sistem kardiovaskular akan semakin meningkat. Darah yang dipompa di dalam tubuh bisa meningkat sampai dengan 50%, karenanya kondisi pusing pun akan menyusul. Ini juga merupakan salah satu faktor penyebab.

Rasa Pusing Saat Trimester ketiga Kehamilan


Begitu pula saat trimester ketiga dari kehamilan, di mana pusing juga dapat disebabkan karena aliran darah berkurang dikarenakan penekanan pembuluh darah karena berat badan janin. Di mana berat badan dari bayi dalam kandungan bisa menekan pembuluh darah sang ibu, pada bagian kaki, tubuh bagian bawah, dan panggul, ketika ibu hamil berbaring telentang, karena itu aliran darah pada tubuh bagian atas pun akan menurun. Sakit pusing ketika hamil pada waktu-waktu ini juga dapat terjadi dikarenakan faktor temperatur tubuh. Di mana temperatur tubuh akan menjadi sedikit meningkat.

Temperatur Tubuh


Mengenai temperatur tubuh ibu hamil yang berubah menjadi lebih panas itu adalah sebuah kondisi lumrah dan sudah biasa terjadi. Di mana ini disebabkan oleh pertumbuhan janin akan meningkatkan temperatur sang ibu, kurang lebih 1 derajat Celcius. Untuk beberapa faktor penyebab rasa pusing kala hamil yang lain, yakni perubahan posisi.

Perubahan Posisi duduk menuju berdiri terlalu cepat juga dapat menyebabkan rasa pusing terjadi. Istilah medis untuk ini adalah hipotensi postural. Di mana darah tak memiliki cukup waktu agar bisa mencapai otak, karena perubahan posisi duduk ibu hamil yang terlalu cepat. Sesungguhnya kondisi hipotensi postural ini tidak hanya dapat terjadi pada ibu hamil saja, melainkan juga pada kondisi normal.



Anemia


Kondisi anemia juga dapat dialami oleh seorang ibu hamil, di mana tubuh kekurangan zat besi. Ini cukup sering dialami oleh para ibu hamil yang mengeluhkan pusing yang sangat mengganggu kehidupan mereka. Karena itu, ketika hamil, ada bagusnya jika Anda rutin memeriksakan total kadar hemoglobin. Selain itu pastikan kebutuhan zat besi selalu terpenuhi, bisa dengan konsumsi suplemen zat besi yang aman. Konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Dengan begitu pusing karena anemia bisa dicegah. Sekian artikel tentang cara aman untuk menyembuhkan kepala pusing ketika hamil, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Aman Menyembuhkan Kepala Pusing ketika Hamil"

Posting Komentar