Kenali Penyebab Diare pada Bayi 0 - 6 Bulan

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Kenali Penyebab Diare pada Bayi 0 - 6 Bulan: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Tahukah anda bahwa bayi memang rentan terhadap penyakit? Apalagi jika bayi kita mengalami diare, tentu hal itu akan membuat anda panik. Sebagai orang tua anda dituntut harus berpikir kritis agar lebih mudah mengenali penyebab diare pada bayi 0-6 bulan. Tentunya hal ini bukanlah masalah yang sepele agar anda tidak salah dalam menghadapi situasi seperti saat ini, maka artikel ini dapat membantu menambah wawasan anda.


1. Frekuensi Bab Bayi


Biasanya salah satu penyebab diare ialah salah makan, namun pada bayi akankah hal ini dapat terjadi pula? Tentunya kita sudah mengetahui bahwa makanan bayi ialah ASI, namun mengapa ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa bayi yang baru berusia usia 0-6 bulan sudah mengalami diare. Nah, agar anda tak salah dalam menanggapi masalah diare pada bayi, maka perhatikan terlebih dahulu gejala dari diare tersebut, misalnya frekuensi ketika bayi sedang mengalami sakit perut. Normalnya buang air besar pada bayi yang meminum ASI normalnya sehari ia dapat buang air besar sebanyak 1 hingga 7 kali, bahkan ada pula yang hanya buang air besar 1 hingga 2 hari sekali, sedangkan bayi non-ASI normalnya dapat buang air besar sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari atau hanya 1 hingga 2 hari sekali.

Apabila bayi anda mengalami buang air besar sesuai batas yang telah dijelaskan seperti di atas berarti masih dapat dibilang normal, namun hal tersebut tidak disertai dengan penurunan berat badan atau keluhan lain yang tidak seperti biasanya.

Seseorang dikatakan mengalami diare apabila ia merasakan sakit perut yang teramat sangat dan sering buang air besar melebihi batas normal yang telah ditentukan. Jadi anda perlu memperhatikan seberapa sering frekuensi buang air besar yang terjadi pada bayi anda.

2. Gejala Diare


Masih ingatkah anda apa saja gejala dari diare? Nah, untuk mengingat kembali apa saja gejala dari diare, mari kita ulas sedikit. Kram perut yang teramat sangat mengakibatkan kita akan merintih kesakitan. Buang air besar yang terlalu sering atau melebihi batas normal yang telah ditentukan, selain itu feses yang dikeluarkan juga encer atau tidak seperti biasanya. Jika diare yang kita alami sudah akut, biasanya darah juga akan keluar bersamaan dengan feses. Dalam hal ini anda perlu memeriksakan diri anda ke dokter.

3. Penyebab Diare


Kenapa si kecil dapat mengalami diare pada usianya yang terbilang dini? Ada baiknya jika anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab diare pada bayi usia 0-6 bulan.

1. Jika bayi anda hanya mengonsumsi ASI, maka anda sebagai penyuplai nutrisi si bayi maka anda harus memperhatikan pola makan anda karena apa yang anda makan akan berpengaruh pada kebutuhan nutrisi bayi anda. Pastikan si ibu memakan makanan sehat yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup.

2. Jika sumber nutrisi bayi anda berasal dari susu formula maka anda harus memastikan kebersihan diri anda sebelum membuat susu formula karena susu formula bukan makanan yang steril bagi si kecil maka tidak menutup kemungkinan jika terdapat kuman atau parasit yang ikut tercampur dalam susu si kecil.

Nah, semoga ulasan singkat mengenai penyebab diare pada bayi usia 0-6 bulan yang telah diuraikan di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.



Subscribe to receive free email updates: