Daftar Hewan Peliharaan yang Baik dan Aman untuk Anak


Apa saja daftar hewan peliharaan yang baik dan tentunya aman bagi anak Anda. Bagi anak-anak dengan usia antara 3 hingga 5 tahun lebih kebanyakan ingin bersenang-senang bersama hewan peliharaan mereka. Ini juga baik karena akan mengajarkan mereka untuk lebih sayang ke binatang. Susah tentu hewan peliharaan dalam keluarga bisa membawa nuansa tersendiri yang menyenangkan. Apabila Anda mempunyai hewan peliharaan dalam rumah, maka Anda pun akan bisa mengajarkan anak-anak untuk memiliki rasa tanggung jawab. Mari baca selengkapnya.



Memilih hewan peliharaan


Ketika memilih hewan peliharaan, Anda harus mengetahui ketersediaan waktu, kondisi rumah, dalam mengurus hewan peliharaan tersebut. Juga jenisnya harus Anda tentukan terlebih dahulu. Serta yang paling penting untuk Anda perhatikan juga, yakni mengenai kondisi kesehatan dari anak. Contohnya apakah Anda memiliki alergi pada bulu atau tidak. Karena itu, sekarang kami akan coba hadirkan informasi mengenai beberapa macam hewan peliharaan yang biasa dipilih, yang mana yang paling tepat untuk dipilih oleh keluarga Anda.

Daftar hewan peliharaan untuk di rumah yang aman bagi anak


  • Hamster

    Ini merupakan jenis hewan pengerat yang sudah sering dijadikan hewan peliharaan. Hamster cocok bagi anak balita. Karena binatang mungil yang satu ini cukup menghibur, untuk memeliharanya juga tak menyita waktu Anda terlalu banyak, hemat biaya juga, serta hemat tenaga. Tetapi memang akan membutuhkan bantuan orang dewasa dalam merawat hamster tersebut, mulai membersihkan kandang hingga memberikan makan hamster itu, jika tidak hamster bisa jatuh sakit dan parahnya mati.

    Ukuran hamster yang kecil, sebagai binatang peliharaan, bisa memudahkan pemeliharaannya, sebab kandangnya juga tak terlalu besar. Hamster pun termasuk ke dalam jenis hewan nokturnal. Oleh karena itu hamster akan tetap tidur saat semua anggota keluarga beraktivitas pada siang hari. Jadi Anda tak perlu terlalu khawatir.

  • Kelinci

    Yang berikutnya adalah kelinci. Hewan peliharaan berupa kelinci ini adalah salah satu jenis hewan yang memiliki bentuk menggemaskan. Kelinci tentunya bisa menghibur keluarga, khususnya untuk anak-anak. Cuma dengan melihat aktivitas kelinci tersebut saja, maka anak akan merasa terhibur. Walaupun ukuran kelinci lebih besar dari hamster namun tidak terlalu besar. Tetapi memang untuk merawat kelinci membutuhkan cara-cara yang tepat, dan kelinci tidak cocok dibesarkan pada iklim yang terlalu panas, jadi Anda harus memikirkan tentang semua itu juga.

  • Anjing

    Anda mungkin sudah sering mendengar anjing sebagai sahabat manusia, walaupun memang ada beberapa spesies anjing yang cukup galak. Tetapi itu jika Anda pelihara dari besar, jika dipelihara dari kecil, biasanya anjing akan ramah dan aman untuk anak-anak. Mempunyai anjing untuk seorang anak, akan terasa seperti mempunyai sahabat sendiri. Anjing juga bisa menjaga keluarga yang memeliharanya dan setia. Rasa percaya diri anak juga akan meningkat jika Anda memelihara anjing. Bahkan jika Anda memiliki waktu lebih, anjing bisa dilatih, sehingga menjadi hewan peliharaan yang pintar dan membantu. Anak-anak pun dapat belajar lebih memahami perasaan dari orang lain apabila mereka mempunyai atau memelihara seekor anjing mulai usia dini. Anjing merupakan alternatif pilihan yang tepat.

  • Umang-umang

    Atau hermit crab. Ini merupakan hewan peliharaan bagi anak-anak yang tinggal bersama Anda di sebuah apartemen. Jadi tidak ada pekarangan luas. Umang-umang juga mudah untuk dipelihara. Anda cukup memiliki tangki ikan, bisa juga menggunakan aquarium tua. Dan tambahkan aksesoris ke dalam aquarium tersebut.

Kucing pun boleh dijadikan hewan peliharaan. Anda tinggal memilih yang mana yang paling cocok, sesuaikan kondisi rumah juga. Sekian informasi mengenai daftar hewan peliharaan yang baik dan aman untuk anak, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: