Ibu Hamil seringkali Khawatir akan Hal ini

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Ibu Hamil seringkali Khawatir akan Hal ini: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Kehamilan adalah fase membahagiakan, dan paling ditunggu oleh banyak pasangan yang baru menikah. Di balik kebahagiaan, ternyata kehamilan juga dapat membuat seorang wanita merasa cemas. Dan kecemasan tersebut akan membuat psikologi sang ibu hamil tak nyaman hingga aktivitasnya juga menjadi terganggu. Bukan hanya menyebabkan kecemasan karena proses kehamilan yang sedang dijalani tersebut tetapi juga informasi yang dikumpulkan semasa kehamilan. Karena itu Anda sebaiknya memilah mana informasi yang benar dan mana informasi yang salah, jangan diterima begitu saja seluruhnya. Mari baca selengkapnya.


Beberapa masalah kekhawatiran biasanya terkait dengan apa saja aktivitas yang dilarang untuk dilakukan semasa proses kehamilan tersebut. Apakah ibu hamil boleh bepergian, berolahraga, kebiasaan buang air besar harus bagaimana, dan terkait kelelahan yang dialami oleh ibu hamil pada masa awal kehamilan, yang cukup sering terjadi. Anda harus mengerti tentang itu semua.

Bekerja


Tekanan fisik hebat akan dialami oleh ibu hamil karena pekerjaan yang dilakukan, karena itu sebaiknya dihindari, apalagi jika pekerjaan yang dilakukan termasuk pekerjaan yang menguras tenaga cukup banyak. Semasa hari kerja sekalipun, sebaiknya ibu hamil cukup beristirahat, jika memang keadaan memaksakan ibu hamil harus bekerja. Ibu hamil yang tak mengalami komplikasi umumnya masih boleh melanjutkan pekerjaan mereka.

Olahraga


Ibu hamil semasa kehamilan tak boleh kelelahan dan melakukan aktivitas yang beresiko menyebabkan cidera, karena selain berbahaya untuk diri ibu hamil tersebut juga berbahaya bagi janin. Umumnya ibu hamil memang masih diperbolehkan berolahraga. Jadi ibu hamil yang memiliki fisik bugar, yang rajin olahraga aerobik, memiliki persentase yang lebih kecil menjalani proses persalinan sesar.

Seorang ibu hamil yang senantiasa menggerakkan tubuhnya itu terbukti akan menjalani fase persalinan aktif lebih singkat, dengan begitu kemungkinan gawat janin pun lebih kecil. Tetapi sebelum seorang ibu hamil melakukan aktivitas olahraga, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter terkait program olahraga yang manakah yang sesuai kondisi ibu hamil tersebut.

Bepergian


Khususnya traveling dengan menggunakan pesawat terbang, umumnya aman walaupun dilakukan ibu hamil. Beberapa dari perusahaan penerbangan mengijinkan wanita hamil sampai usia 36 minggu untuk naik pesawat. Tetapi ada juga perusahaan penerbangan yang mempunyai batasan, kadangkala perusahaan penerbangan itu membutuhkan surat keterangan dokter, dengan tujuan memastikan keselamatan dan keamanan ibu hamil tersebut juga janin di dalam kandungan semasa perjalanan. Memang sesungguhnya traveling menggunakan pesawat kurang direkomendasikan bagi ibu hamil, sebab bisa ada kondisi medis, yang membutuhkan perawatan gawat darurat, yang tidak mungkin dilakukan di atas pesawat.

Seorang ibu hamil apabila memang mau bepergian menggunakan pesawat terbang wajib memperhatikan lama waktu penerbangan. Apabila ibu hamil bepergian menggunakan mobil, maka bagian bawah sabuk pengaman itu dipasang pada bagian bawah perut, melintang pada atas bagian paha beserta sabuk di bagian bahu ditempatkan secara pas di antara bagian pay*d*ra. Sabuk pengaman tersebut wajib tetap terpasang dengan pas dan terasa nyaman. Jadi tidak boleh sembarangan.

Kebiasaan buang air besar


Sembelit atau konstipasi biasa dialami oleh ibu hamil, bisa karena waktu transit makanan yang memanjang, serta kondisi tertekannya usus sebelah bawah oleh rahim, maupun karena bagian tertentu janin. Seorang ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi cairan dengan jumlah yang cukup, konsumsi makanan tinggi serat, serta melakukan olahraga dengan teratur. Sekian artikel tentang kekhawatiran masa hamil, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: