Kanker Rahim Kenali penyebab dan Pencegahannya

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Kanker Rahim Kenali penyebab dan Pencegahannya: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Kanker rahim biasa disebut juga dengan kanker mulut rahim. Jenis penyakit kanker ini termasuk ke dalam jenis yang paling ditakuti, khususnya oleh para wanita. Dari keseluruhan penderita kanker yang terjadi di negara Indonesia, berdasarkan data disebutkan jika sepertiganya merupakan penderita kanker mulut rahim. Sementara itu, berdasarkan data yang diungkapkan oleh World Health Organization sendiri, per tahunnya, ribuan wanita karena terserang kanker serviks meninggal. Karena itu jenis penyakit kanker ini pun menempati peringkat paling atas, yang bertanggung jawab terhadap total kematian wanita dari berbagai belahan dunia. Seperti namanya, jenis penyakit kanker ini akan menyerang ke organ reproduksi kaum hawa.


Bagian yang diserang


Kanker mulut rahim ini akan menyerang pada daerah leher rahim seorang wanita, yaitu pintu masuk yang menuju ke daerah rahim, pada bagian sempit yang berlokasi di bagian bawah. Penyakit kanker serviks ini harus ditangani secepat mungkin tidak boleh terlambat, sebab termasuk penyakit yang mengancam nyawa. Juga, seringkali para wanita salah menganggap gejala dari kanker serviks sebagai gejala kondisi menstruasi biasa.

Waktu serangan kanker rahim


Kanker mulut rahim membutuhkan waktu yang tidak sebentar, antara 10 sampai dengan 20 tahun, hingga berubah menjadi penyakit kanker. Untuk kondisi awal yang terjadi, hanyalah kondisi infeksi biasa saja, khususnya di organ reproduksi wanita, karena itu akan cukup sulit dalam mendeteksi jika itu hanyalah penyakit biasa atau merupakan gejala awal dari penyakit kanker yang berbahaya. Tak sedikit kasus dari kanker mulut rahim yang terlambat diketahui, karena alasan sebelumnya. Terkadang baru ditemukan ketika penyakit kanker sudah memasuki tahapan sedang. Juga, penyakit kanker ini dapat menunjukkan tanda-tanda yang tak sama antara satu wanita dengan wanita yang lainnya, sehingga akan semakin sulit untuk dikenali.

Penyebab kanker serviks

Adapun yang menjadi faktor penyebab mengapa kanker serviks dapat terjadi adalah infeksi virus, yakni virus HPV (Human Papilloma Virus). Tipe virus HPV yang banyak menyebabkan kematian wanita adalah virus HPV tipe 18 dan tipe 16. Virus tersebut dapat menyebar dengan mudah, baik melalui cairan dan sentuhan kulit. Bahkan hanya pemakaian sembarang WC umum, apabila di WC umum tersebut terdapat virus HPV, maka wanita lain yang sehat, dapat tertular juga, atau terinfeksi oleh virus ini. Ini biasa terjadi pada WC yang kebersihannya kurang terjaga.

Lifestyle buruk

Kebiasaan hidup atau lifestyle yang kurang baik juga dapat menjadi penyebab kanker serviks. Contohnya kebiasaan merokok, asupan vitamin C kurang, vitamin E kurang, asam folat yang kurang dan sering berganti pasangan.

Penyebab lain

Masih terdapat penyebab lain mengapa seorang wanita bisa terserang kanker mulut rahim ini, yaitu sering melahirkan, ada keturunan kanker, pemakaian pil KB untuk jangka waktu terlalu lama.

Pencegahan kanker serviks

Pencegahan kanker mulut rahim dapat dengan:

  1. Menghentikan kebiasaan merokok
  2. Konsumsi makanan dengan asupan vitamin C, vitamin E, dan asam folat
  3. Menjaga sanitasi lingkungan sekitar
  4. Vaksinasi HPV
  5. Setia pada pasangan
  6. Pemeriksaan pap smear, paling tidak 2 tahun satu kali
  7. Jangan membersihkan bagian genital memakai air kotor

Apabila Anda sudah terdeteksi terkena kanker mulut rahim, segera lakukan metode pengobatan yang benar. Pastikan Anda konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Umumnya pengobatan dilakukan melalui pembedahan, bisa pembedahan listrik, laser, pembekuan, serta cryosurgery atau pembuangan jaringan kanker rahim.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kanker Rahim Kenali penyebab dan Pencegahannya"

Posting Komentar