Daftar makanan sehat untuk ibu hamil

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Daftar makanan sehat untuk ibu hamil: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Hamilsehats.com - Kondisi kehamilan memerlukan perhatian khusus. Ketika dalam masa tersebut, calon ibu mengandung, jadi makanan yang dikonsumsi tidak hanya untuk tubuh sang ibu melainkan juga untuk bayi dalam kandungan. Karena itu pemilihan makanan harus ekstra hati-hati.

Siapa sih ibu hamil yang tidak ingin mendapatkan masa-masa menyenangkan ketika hamil? Juga, siapa yang tidak mau anak mereka sehat, baik sejak dalam kandungan hingga mereka dilahirkan nanti. Kesemua itu dapat diperoleh dengan asupan makanan yang tepat, sehingga asupan gizi yang tercukupi pun akan selalu terpenuhi.


Dalam kehamilan ada yang disebut kondisi ngidam. Tentunya kondisi ini akan benar-benar memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap makanan maupun minuman yang ibu hamil mau konsumsi. Bahkan terkadang ketika ngidam, makanan yang sebelumnya tidak disukai jadi disukai oleh sang ibu hamil.

Yang cukup buruk adalah jika saat ngidam, sang ibu menjadi rewel dan memilih-milih makanan. Padahal sebelumnya, ketika sedang tidak hamil, ibu tersebut tidak memilih makanan dan asupan gizi selalu terpenuhi. Akan berbeda ceritanya jika kondisi ngidam mempengaruhi pola makan sang ibu hamil secara garis besar, bisa-bisa baik ibu hamil maupun bayi dalam kandungan memiliki masalah dengan asupan nutrisi.

Biasanya kondisi tersebut dapat terjadi ketika ibu hamil berada dalam masa trimester pertama. Untuk beberapa ibu hamil, ada juga yang mengalami kondisi tersebut bahkan hingga 4 – 5 bulan umur kandungan. Jika memang sudah terasa indikasi asupan nutrisi yang kurang, maka ada baiknya ibu hamil mencoba konsumsi vitamin penambah darah, suplemen makanan, dan asam folat.

Tetapi dalam mengkonsumsi vitamin maupun suplemen, karena Anda sedang dalam masa kehamilan, maka harus berhati-hati. Anda jangan mengkonsumsi sembarangan. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi salah satunya, Anda terlebih dahulu melakukan konsultasi baik itu ke bidan atau ke dokter kandungan yang menangani Anda, untuk menghindari resiko terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Olahan kacang kedelai

Baik sekarang mari langsung ke pembahasan makanan yang baik untuk ibu hamil yang pertama. Makanan tersebut adalah makanan dengan bahan dasar kacang kedelai. Ada cukup banyak varian makanan olahan kacang kedelai ini, apalagi di negara Indonesia, harganya pun terjangkau.

Mengapa kacang kedelai merupakan makanan yang disarankan untuk ibu hamil? Itu karena kandungan protein yang cukup tinggi yang terdapat dalam kacang kedelai. Tempe dan tahu merupakan contoh sederhana makanan dari olahan kacang kedelai yang cukup terjangkau dan mengenyangkan pula.

Ikan salmon

Daftar makanan sehat untuk ibu hamil kedua adalah ikan salmon. Makanan ini aman dikonsumsi bumil, juga bermanfaat karena kandungan omega-3 yang merupakan lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Ikan salmon juga rendah kandungan merkuri, karena itu aman untuk dimakan ketika masa hamil.

Berbeda dengan makanan laut yang lain, contohnya kerang. Di mana kerang merupakan makanan dari laut yang memiliki kandungan merkuri tinggi. Jadi ketika hamil, Anda sebaiknya menghindari makan kerang, juga makanan dengan kandungan merkuri tinggi yang lain.

Kacang lentil

Kandungan protein tinggi dapat Anda temukan dalam kacang lentil. Jadi nutrisi yang sama dengan susu. Sistem pencernaan ibu hamil juga akan terjaga kesehatannya dengan konsumsi kacang lentil, karena kacang ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Saran penyajian untuk kacang lentil yang dapat Anda gunakan yakni dikonsumsi bersama salad, juga dapat dimasak bersama nasi.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar makanan sehat untuk ibu hamil"

Poskan Komentar