Cara melahirkan normal bebas operasi Caesar

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Cara melahirkan normal bebas operasi Caesar: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Terdapat kunci dalam keberhasilan dari seorang ibu untuk melahirkan normal. Adapun kunci tersebut adalah keadaan jalan lahir, kekuatan ibu mengejan, dan keadaan bayi. Jika salah satu kunci tersebut tidak terpenuhi, maka melahirkan normal bukan opsi yang dapat dipilih.


Tidak semua wanita mau dilahirkan dengan operasi Caesar, banyak wanita yang mau melahirkan dengan normal. Di mana proses melahirkan itu sudah menjadi tugas panggilan seorang calon ibu. Untuk itu, Anda perlu membaca bagaimana caranya agar seorang ibu bisa melahirkan normal tanpa harus membayar mahal-mahal operasi Caesar.

Proses persalinan normal

Apa saja yang masuk dalam tahapan persalinan normal? Yang masuk ke dalam tahapan tersebut dimulai tanda awal persalinan. Kedua – proses persalinan, dari pembukaan satu hingga sepuluh dan yang terakhir bayi berhasil dilahirkan dengan selamat, plasenta normal, dengan melalui jalan lahir.

Apabila mau dilihat dari sisi teoritis, sesungguhnya waktu persalinan normal – khususnya untuk ibu yang kali pertama melahirkan membutuhkan waktu sampai dengan 12 jam, dimulai dari pembukaan satu.

Seringkali perasaan cemas melanda seorang ibu yang mau melahirkan normal. Berdasarkan pendapat dokter kandungan, rasa cemas ini seharusnya tidak perlu, walaupun ibu tersebut baru pertama kali melahirkan secara normal. Persiapan benar-benar penting, begitu pula perasaan sabar maksimal. Seperti disebutkan sebelumnya jika proses persalinan akan memakan waktu yang cukup lama – bisa hingga 12 jam lamanya.

Dengan kesabaran yang cukup, maka seorang ibu dapat ikhlas untuk menerima intensitas rasa sakit ketika proses melahirkan dimulai. Aktivitas olahraga ringan jangan sampai dilewatkan. Melakukan olahraga ringan memungkinkan seorang ibu untuk menurunkan berat badan dari janin supaya tak terlalu over.

Kontraksi rasa nyeri sesungguhnya

Seorang ibu akan merasakan kontraksi, dan inilah rasa nyeri sesungguhnya. Di mana kontraksi itu merupakan upaya alami oleh tubuh dalam membantu pembukaan dari jalan lahir. Daerah sekitar vagina dan panggul akan berusaha meregang hingga sedemikian rupa supaya daerahnya cukup luas untuk dilalui oleh bayi.

Masalah jalan lahir

Sekarang mengenai salah satu kunci sukses keberhasilan proses melahirkan normal, yakni jalan lahir. Apa saja masalah yang dapat menimpa jalan lahir itu? Masalah yang dapat menimpa contohnya tumor yang menghalangi, luas panggul, plasenta menutupi jalan lahir, dan beberapa jenis penyakit.

Teknik latihan pernafasan juga sudah harus dipahami oleh seorang ibu. Itu akan sangat mempengaruhi kesuksesan dari proses persalinan. Begitu pula keadaan kesehatan dari ibu yang hendak melahirkan tersebut – karena itu kondisi tubuh ibu hamil harus dijaga, apalagi menjelang waktu melahirkan.

Kondisi tubuh yang fit ketika melahirkan memungkinkan seorang ibu untuk mengejan dengan baik (memiliki tenaga yang cukup untuk mengejan). Kemampuan mengejan seorang ibu juga ikut berpengaruh besar terhadap kesuksesan dari proses persalinan normal.

Pemeriksaan kesehatan ibu hamil

Pemeriksaan teratur ke dokter atau bidan sangat dianjurkan. Sewaktu dalam masa kehamilan, ibu hamil memang wajib menjalankan pemeriksaan tersebut, paling tidak 1x di trimester pertama, 1x di trimester kedua, 2x di trimester ketiga. Mengapa di trimester ke 3 disarankan pemeriksaan lebih dari 1x? Itu karena pada trimester ke 3, waktu menjelang persalinan sudah semakin dekat.

Ketika melakukan pemeriksaan, kesehatan dari janin dalam kandungan pun akan ikut dipantau. Biasanya pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan pemeriksaan USG. Begitu pula dengan pemantauan dari detak jantung bayi dalam kandungan dan deteksi dini dari kelainan posisi janin di dalam kandungan – apakah membujur atau melintang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara melahirkan normal bebas operasi Caesar"

Posting Komentar