Keluhan pada Usia kehamilan 4 bulan

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Keluhan pada Usia kehamilan 4 bulan: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Keluhan ibu hamil 4 bulan. Seperti yang diketahui, kehamilan itu memang senantiasa disertai perubahan fisik, itu merupakan hal yang juga terjadi pada kehamilan 4 bulan seorang ibu. Ketika usia kehamilan sudah mencapai empat bulan, dengan kata lain trimester kedua, maka janin pun sudah dapat menerima suara yang asalnya dari lingkungan, karena itu banyak orang pun akan berusaha menstimulasi perkembangan dari janin.

Salah satu cara yang paling sering digunakan oleh orang-orang adalah memperdengarkan musik klasik kepada janin. Kondisi perut sang ibu hamil juga akan turut semakin membesar, perubahan fisik pun akan menjadi semakin terlihat, bayi muncul pembuluh darah, pertumbuhan kepala bayi juga menjadi semakin proporsional. Tak hanya itu saja, jari jemari janin juga sudah mulai terbentuk, termasuk Anda sudah bisa mengetahui jenis kelamin dari bayi Anda. Jadi pada masa-masa ini, Anda sudah bisa mengetahui apakah Anda memiliki anak perempuan atau anak laki-laki. Mari baca selengkapnya.
(Keluhan usia kehamilan 4 bulan)

Itulah beberapa ciri atau tanda-tanda yang akan Anda rasakan ketika mencapai usia 4 bulan kehamilan. Begitu pula dengan pergerakan janin, yang ada dalam rahim, itu bisa ibu hamil rasakan. Anda sebagai seorang ibu hamil akan bisa merasakan kaki dan tangan janin bergerak. Tetapi ternyata ada kabar buruk, kabar buruknya yaitu mengenai keluhan yang dapat dirasakan oleh seorang ibu hamil. Kami juga akan sharing bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut di bawah ini:

Solusi keluhan ibu hamil empat bulan


Ketika usia kehamilan sudah mencapai 4 bulan, maka ibu bisa mengalami keluhan seperti linea, yaitu munculnya garis gelap berbentuk panjang, di mana linea tersebut akan muncul pada permukaan perut. Penyebab linea sendiri adalah peregangan kulit. Bentuk garis gelap tersebut yaitu memanjang hingga pusar dan daerah kewanitaan. Terkadang pada beberapa kasus, leher ibu hamil juga ikut menghitam. Seringkali kondisi tersebut membuat sang ibu hamil menjadi khawatir bukan kepalang, seringkali ibu hamil menganggap kondisi linea ini sebagai penyakit lain, yang dianggap dapat membahayakan janin juga diri ibu hamil tersebut. Jangan terlalu takut, karena kondisi garis gelap yang muncul ini bukanlah sesuatu yang aneh, melainkan sesuatu yang sudah biasa dan lazim. Sesungguhnya garis hitam tersebut juga dapat muncul pada tangan, bagian muka juga. Bagian tubuh yang mengelap tersebut disebabkan oleh uterus yang membutuhkan dengan jumlah lebih banyak, dibandingkan biasanya, lebih banyak 25 persen. Kapasitas dari organ paru-paru juga menjadi berkurang, karena itu terkadang ibu hamil mengalami kesulitan untuk bernafas.

Morning sickness merupakan keluhan kedua yang sering membuat ibu hamil merasa tak nyaman. Untuk detail mengenai morning sickness, bisa Anda baca di artikel kami yang lain. Kondisi ini merupakan keluhan yang menjadi kelanjutan gangguan awal kehamilan. Tetapi jika sudah mencapai usia kehamilan 4 bulan, biasanya ibu hamil telah terbiasa, juga bisa mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah.

Masalah kepanasan pada ibu hamil


Ibu hamil juga terkadang mengalami gangguan seperti kegerahan dan kepanasan. Selain itu juga tubuh menjadi lelah. Cara mengatasi gangguan yang terakhir ini yaitu dengan mengikuti olahraga ringan, contohnya yoga, juga jangan lupa ikuti kelas khusus untuk ibu hamil. Jadikan tubuh Anda menjadi lebih rileks sewaktu menghadapi masa kehamilan, dapatkan masa-masa kehamilan yang sehat dan menyenangkan. Jangan jadikan masa-masa kehamilan sebagai siksaan. Sekian artikel tentang keluhan pada usia kehamilan 4 (Empat) bulan.



Subscribe to receive free email updates: