Vitamin untuk Ibu Hamil yang dibutuhkan


Vitamin untuk ibu hamil, kira-kira apa saja yang dibutuhkan agar bisa sehat, baik untuk ibu hamil maupun bayi di dalam kandungan. Usia kandungan tentu sangat berpengaruh terhadap nutrisi yang dibutuhkan, termasuk vitamin. Usia kandungan pada trimester yang ke satu, dua, ataupun trimester terakhir yaitu trimester tiga. Dengan kebutuhan vitamin untuk ibu hamil yang terpenuhi, maka Anda pun akan bisa menjalani kehamilan dengan sempurna tanpa gangguan penyakit apapun. Yang sangat vital yaitu jika kehamilan Anda masih dalam tahap awal, ini merupakan sebuah kewajiban bagi ibu hamil untuk selalu memenuhinya, dan dukungan dari suami dalam berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Vitamin ini tak dapat Anda pisahkan satu per satu, melainkan harus dihadirkan dengan takaran yang tepat dan lengkap.


Konsultasi kepada dokter kandungan terkait vitamin yang dibutuhkan untuk ibu hamil juga boleh Anda lakukan. Selain dokter kandungan, Anda juga dapat berkonsultasi kepada ahli gizi. Mereka secara profesional tentu dapat menyajikan informasi yang Anda butuhkan, juga menyarankan kepada Anda menu yang sebaiknya Anda konsumsi. Biasanya Anda mungkin akan diminta untuk konsumsi vitamin untuk penambah darah, susu dengan kandungan Folid Acid, atau bahkan suplemen kalsium. Namun itu semua tergantung kepada kondisi Anda sendiri. Sekarang apakah Anda sudah mulai penasaran? Mari ketahui lebih jauh lagi.

Vitamin D vitamin untuk kesehatan ibu hamil

Susu ibu hamil bisa Anda konsumsi dalam usaha memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D. Selain susu ibu hamil, Anda juga bisa mengkonsumsi telur ayam kampung, minyak ikan, kuning telur ayam, mentega, dan ikan yang berlemak juga direkomendasikan. Mengapa vitamin D? Itu karena tubuh ibu hamil akan membutuhkan vitamin D ini untuk membantu proses penyerapan kalsium oleh usus, serta kelenjar darah. Vitamin D juga membantu memperkuat gigi dan tulang supaya tak mudah keropos.

Vitamin E

Selain vitamin D, vitamin E juga harus dipenuhi oleh ibu hamil. Fungsi dari vitamin E yaitu untuk menjaga kesehatan dari dinding sel, juga melindungi asam lemak di dalam tubuh ibu hamil. Sumber makanan untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, adalah gandum dan tauge. Anda juga bisa konsumsi suplemen vitamin E, tetapi disarankan menggunakan bahan makanan alami saja, jangan suplemen.

Vitamin A

Vitamin A terdapat pada wortel, minyak ikan, susu, margarin, kuning telur ayam, dan berbagai sayuran berwarna kuning dan hijau. Fungsi vitamin A untuk menjaga keindahan rambut, mencegah kerontokan rambut, menguatkan kuku ibu hamil supaya tak gampang patah, menjaga kesehatan kulit sewaktu kehamilan, memperkuat gigi, menjaga kesehatan mata, baik itu kesehatan mata bunda maupun janin dalam kandungan.

Vitamin B2

Vitamin B2 juga merupakan vitamin untuk ibu hamil yang wajib dipenuhi. Vitamin B2 berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, membantu proses menguraikan makanan, mendukung perkembangan embrio bayi, khususnya pada trimester awal. Sumber makanan dengan kandungan vitamin B2 di antaranya adalah ragi, susu, gandum, sayuran hijau, dan juga telur.

Vitamin B12

Supaya tubuh ibu hamil selalu dapat memperoleh pertumbuhan maksimal sel darah merah, juga proses pembentukan sistem saraf bayi dapat senantiasa sempurna, maka vitamin B12 harus mutlak tercukupi. Sumber makanan yang merupakan sumber vitamin B12 contohnya adalah aneka gandum, susu, hati ayam, ikan, ragi, dan kacang kedelai. Vitamin untuk ibu hamil yang lain adalah vitamin B5, vitamin C, B6, dan vitamin B1.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Vitamin untuk Ibu Hamil yang dibutuhkan"

Posting Komentar