Tanda Kehamilan Sehat itu Apa Saja?


Tanda kehamilan sehat sesungguhnya apa saja, ini perlu diketahui jika Anda sedang dalam posisi hamil muda. Sudah pasti Anda memikirkan mengenai kesehatan kandungan Anda, karena Anda ingin yang terbaik bagi anak. Terdapat beberapa macam tanda yang dapat digunakan sebagai tanda jika kehamilan Anda itu normal dan sehat. Tentunya tanda-tanda kehamilan tersebut dapat Anda ketahui sendiri, dengan begitu kesehatan kehamilan pun dapat Anda jaga terus hingga nanti proses persalinan tiba. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja sesungguhnya tanda-tanda kehamilan sehat. Mari baca selengkapnya.


Tanda-tanda dari kehamilan yang sehat


Rahim dan plasenta


Rahim dan plasenta merupakan awal kehamilan yang sehat. Karena itu, kesehatan rahim harus dijaga sebaik mungkin, untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menjalankan pola hidup sehat. Untuk para calon ibu yang memiliki masalah terkait riwayat kesehatan rahim, maka sebelum perencanaan kehamilan dilakukan, lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu.

Berat badan


Berat badan yang meningkat ketika seorang wanita dalam kondisi hamil itu adalah sesuatu yang normal. 13 sampai 15 kilogram merupakan kenaikan berat badan yang memang disarankan dokter, untuk ibu hamil. Jika Anda termasuk wanita yang memiliki berat badan berlebih, maka konsultasikan segera ke dokter, supaya kesehatan bunda beserta janin dapat terkontrol dan selalu terjaga semasa kehamilan.

Tekanan gula darah


Tekanan gula darah, termasuk kadar gula darah, juga termasuk sesuatu yang harus mendapatkan perhatian ibu hamil. Perubahan pada kedua hal ini memang tak terlalu drastis, tetapi ternyata memiliki kaitan cukup besar terhadap kesehatan janin dan ibu hamil sendiri. Kesehatan ibu hamil dapat terpengaruh jika terjadi perubahan cukup drastis ke kadar dan tekanan gula darah sewaktu kehamilan. Apabila ibu hamil mempunyai riwayat penyakit tertentu, dan memiliki kaitan pada kadar dan tekanan gula darah, maka hal tersebut juga harus mendapatkan perhatian.

Pergerakan, pertumbuhan janin


Seperti disebutkan sebelumnya, jika selain membahas kesehatan ibu hamil, juga akan dibahas kesehatan janin dalam kandungan. Untuk itu dapat dilihat melalui pergerakan dan pertumbuhan janin, untuk memastikan keselamatan janin juga. Sekarang ini teknologi medis sudah sangat mendukung untuk melakukan proses tersebut. Untuk memantau tumbuh kembang bayi di dalam kandungan, bisa dilakukan dengan menjalankan pemeriksaan yang disebut pemeriksaan USG atau Ultrasanografi. Apabila memang ada gangguan kehamilan, contohnya saja rahim yang kurang oksigen, maka Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan. Untuk mendapatkan perawatan dan mengembalikan ke kondisi yang normal, yang seharusnya. Fungsi plasenta yang terganggu juga dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan janin dan ibu hamil.

Perubahan hormon


Yang sudah pasti dalam kehamilan adalah perubahan hormon di dalam tubuh, efeknya akan cukup terasa signifikan. Adapun perubahan yang akan dirasakan oleh ibu hamil yakni pada perubahan psikologis dan fisik. Hormon progesterone akan mencapai sampai 400 mg ketika hamil. Tak hanya hormon progesterone saja, melainkan juga hormon estrogen, di mana hormon tersebut merupakan hormon yang memiliki peranan penting bagi kehamilan, yakni dalam membentuk jaringan serta menampung janin di dalam perut. Perubahan hormon juga menyebabkan morning sickness, rasa mual bahkan hingga sepanjang hari, jadi belum tentu hanya pada pagi hari saja. Juga perubahan mood serta perubahan fisik lainnya, itu dapat disebabkan karena hormon. Mengapa melihat tanda kehamilan itu penting? Sebab dengan begitu jika terdapat kehamilan abnormal, Anda bisa dengan segera mengetahuinya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda Kehamilan Sehat itu Apa Saja?"

Posting Komentar