Mengenal Asuhan Persalinan Normal

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Mengenal Asuhan Persalinan Normal: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Apa itu asuhan persalinan normal? Jika Anda mencari informasi ini, maka sekarang Anda sudah menemukannya. Sebelumnya, kenali terlebih dahulu arti dari persalinan. Persalinan merupakan proses dari pergerakan keluarnya janin, membran, dan plasenta yang berasal dari dalam rahim dan melalui jalur lahir. Proses tersebut diawali dengan pembekuan beserta dilatasi serviks, yang disebabkan oleh kontraksi uterus bersama dengan durasi, frekuensi, serta kekuatan teratur. Itu merupakan salah satu pengertian dari persalinan, ada beberapa definisi lain yang berbeda yang juga dapat Anda gunakan. Berikut pengertian persalinan yang kedua. Persalinan serta kelahiran normal merupakan proses pengeluaran janin, terjadi saat kehamilan cukup bulan, yakni 37 hingga 42 minggu, dan lahir spontan dengan presentasi belakang kepala, yang berlangsung untuk jangka waktu 18 jam, dan tanpa komplikasi, baik itu untuk janin maupun ibu yang melahirkan bayi tersebut.


Ciri persalinan normal


Adapun ciri dari persalinan normal yakni tak mencakup komplikasi, contohnya pendarahan hebat, terlaksana tanpa perlu bantuan artificial (Cth: Forceps), terjadi di kehamilan aterm (Bukan kelahiran postmatur atau prematur), memiliki onset spontan (Tak diinduksi), waktu selesai sesudah 4 jam, sebelum 24 jam sesudah waktu awitannya (Dan bukan partus lama atau partus presipitatus), memiliki janin (Tunggal) – Presentasi vertex atau puncak kepala serta oksiput di bagian anterior pelvis, dan mencakup kelahiran plasenta normal. Sekarang mari kenali tujuan dari asuhan persalinan

Tujuan asuhan persalinan


Untuk tujuannya, asupan persalinan normal, yaitu menjaga kelangsungan hidup, memberikan derajat kesehatan tinggi baik untuk bayi, maupun untuk ibu yang melahirkan, dengan cara yang terintegrasi, serta lengkap. Namun, menggunakan intervensi seminimal mungkin, di mana itu memiliki tujuan supaya kualitas dari pelayanan serta keamanan bisa terjaga dengan baik, dengan tingkat paling optimal, sesuai dengan yang diinginkan.

Tahap-tahap persalinan


Dalam persalinan normal, dibagi menjadi beberapa tahapan, yang harus diketahui oleh bidan untuk memenuhi tujuan asuhan persalinan yang optimal. Tahap-tahap tersebut dibagi menjadi kala I, kala II, kala III, dan kala IV. Kesemua tahapan tersebut memiliki penanganan sendiri-sendiri yang harus bisa diselesaikan oleh bidan. Tahap yang cukup kritis adalah tahap IV, di mana pada masa ini, sang ibu hamil bisa beresiko kematian jika tidak ditangani secara tepat. Pada kala IV merupakan masa kritis yang harus dilalui oleh ibu yang melahirkan. Penyebabnya adalah sesudah melahirkan, biasanya resiko wanita hamil bisa kehabisan darah dapat terjadi. Masa kritis ini harus dapat dilewati dengan baik. Penanganan pada kala IV yakni harus diperiksa jika terdapat laserasi karena persalinan, atau tak ada. Apabila ada, penjahitan sesuai derajat laserasi harus dilakukan sesegera mungkin.

Asuhan persalinan dan kebidanan


Asuhan persalinan ini sangat penting dalam bidang kebidanan, di Indonesia. Di mana kebidanan di negara Indonesia merupakan profesi di tengah proses perjuangan penerimaan profesi mandiri. Karena itu dibutuhkan pelayanan yang bersifat profesional. Kesemua itu tentunya bisa diperoleh dengan cara sang bidan mampu menunjukkan keterampilan dan sikap yang berdasar pada ilmu atau teori yang jelas dan bertanggung jawab. Selain itu juga mendokumentasikan kesemua hasil kerja dengan benar dan baik apa adanya. Pada akhirnya, kesemua itu bisa didokumentasikan, serta bisa meningkatkan kesinambungan antara perawatan pasien, serta ikut menguatkan akuntabilitas beserta tanggung jawab bidan untuk mengimplementasikan serta mengevaluasi pelayanan dalam membantu institusi, dengan tujuan memenuhi standar syarat akreditasi dan juga hukum. Sekian artikel tentang asuhan persalinan normal, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Asuhan Persalinan Normal"

Posting Komentar