Manfaat buah Tomat untuk Ibu Hamil temukan sekarang


Manfaat buah tomat untuk ibu hamil, temukan manfaat dari buah tomat untuk yang satu ini. Memang untuk ibu hamil, konsumsi makanan dan minuman harus seimbang, kebutuhan nutrisi tak hanya untuk ibu hamil saja, melainkan juga untuk janin harus tercukupi. Itu merupakan salah satu alasan utama. Anda semua tentu sudah mengerti apabila kebutuhan vitamin dan nutrisi bagi ibu hamil itu tidak sama dengan kebutuhan vitamin dan nutrisi seorang wanita yang dalam kondisi tak hamil, atau pada kondisi umumnya. Buah tomat juga termasuk jenis buah yang sudah terkenal akan kandungannya yang membawa manfaat positif bagi kesehatan. Mari baca selengkapnya.


Apa saja manfaat dari buah tomat untuk ibu hamil?


Yang pertama, tentunya buah tomat merupakan sumber vitamin C yang baik. Ya, memang selain buah jeruk, dan jenis buah yang lain, tomat juga termasuk sumber makanan dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan air dari buah tomat juga cukup tinggi, sehingga Anda tidak akan dehidrasi dengan mengkonsumsi tomat. Lalu apa kegunaan dari vitamin C sendiri untuk kesehatan janin dan ibu hamil? Vitamin C adalah vitamin yang berperan penting bagi menunjang kehamilan yang sehat. Daya tahan tubuh ibu hamil juga akan meningkat dengan sumber nutrisi vitamin C yang tercukupi. Selain itu, ternyata vitamin C juga dapat ikut membantu pembentukan gigi dan tulang janin, begitu pula ikut mendukung kesehatan gusi dari ibu hamil. Penyerapan zat besi juga akan ikut terbantu dengan vitamin C yang tercukupi, di mana zat besi ini termasuk mineral penting untuk kehamilan. Ibu hamil memang membutuhkan asupan zat besi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan orang pada umumnya. Dokter pun akan merekomendasikan supaya ibu hamil konsumsi suplemen zat besi. Tetapi jika ada cara yang alami menggunakan buah tomat, mengapa Anda harus menggunakan suplemen lagi? Kecuali jika Anda memang masih kekurangan zat besi, walaupun telah mengkonsumsi suplemen zat besi tersebut. Dengan konsumsi buah tomat, intinya penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan lebih baik.

Tomat sebagai sumber likopen


Manfaat kedua dari konsumsi buah tomat semasa kehamilan karena tomat merupakan sumber likopen yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Bagi Anda yang masih belum mengerti mengenai apa itu likopen, likopen merupakan senyawa antioksidan yang memiliki fungsi untuk melindungi agar sel dalam tubuh tidak mengalami kerusakan. Para pakar kesehatan sudah sering memberikan rekomendasi kepada para ibu hamil agar selalu konsumsi makanan dengan kandungan zat likopen yang baik, agar daya tahan tubuh ibu hamil meningkat atau dapat terjaga. Memang sesungguhnya sama seperti zat besi, ada cukup banyak macam suplemen yang bisa mencukupi kebutuhan likopen tubuh, tetapi bagaimanapun juga, tetap menggunakan buah tomat itu lebih baik, karena ini merupakan metode alami, tentunya dengan harga yang lebih murah, dan yang terpenting sudah pasti aman dikonsumsi oleh ibu hamil, berbeda dengan menggunakan suplemen.

Peringatan konsumsi tomat oleh ibu hamil


Walaupun manfaat buah tomat untuk ibu hamil cukup banyak, tetapi ada batasan yang harus Anda perhatikan juga. Terdapat efek samping bagi ibu hamil yang mengkonsumsi tomat. Itu karena tomat memiliki kandungan asam cukup tinggi, jika ibu hamil mengalami heartburn, maka sebaiknya menghindari konsumsi tomat. Sebab ibu hamil dengan heartburn, dan penyakit lain yang mengharuskan Anda menghindari makanan yang bersifat asam, maka sebaiknya menghindari konsumsi tomat. Begitu pula dengan jumlah tomat yang dikonsumsi, konsumsilah sewajarnya, jangan terlalu banyak, karena sifat asamnya kurang baik untuk pencernaan ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat buah Tomat untuk Ibu Hamil temukan sekarang"

Posting Komentar