Efek gigi berlubang terhadap Kesehatan Janin

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Efek gigi berlubang terhadap Kesehatan Janin: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Gigi berlubang adalah sesuatu yang menyakitkan, namun jika gigi berlubang terjadi ketika Anda sedang dalam kondisi hamil, maka itu tentu membuat Anda khawatir. Apakah gigi berlubang tersebut dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan janin atau tidak. Perkembangan anak harus memperoleh perhatian dengan baik, di mana ini sudah harus Anda perhatikan semenjak anak berada di dalam kandungan. Saat seorang ibu dalam masa mengandung, maka berbagai hal yang dapat menjadikan perkembangan janin tak optimal harus bisa Anda minimalisir. Ini tentunya juga memiliki kaitan jika Anda mengalami masalah gigi berlubang. Anda harus mengetahui apakah gigi berlubang dapat memberikan pengaruh positif atau negatif. Berikut akan kami jelaskan beberapa ulasannya, semoga bermanfaat untuk Anda.


Dampak yang dirasakan ibu hamil dan janin karena gigi berlubang


Supaya perkembangan janin dapat sehat dengan optimal, maka nutrisi yang diperoleh dari konsumsi makanan pun harus terpenuhi dengan baik. Sebab nutrisi akan memberikan pengaruh untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Ini tentunya berkaitan, jika gigi ibu hamil berlubang, maka ibu hamil pun akan mengalami kesulitan untuk mengunyah makanan, hingga pada akhirnya nutrisi yang harusnya cukup menjadi kurang. Gigi berlubang akan membuat gigi terasa sakit ngilu dan terasa nyut-nyutan. Selain akan membuat ibu hamil menjadi sulit makan, maag juga kambuh, dan urusan pun menjadi semakin panjang. Jika ibu hamil tak makan karena sakit gigi yang diderita, maka gizi dan protein pun akan ikut kurang. Efek yang berikutnya, ASI yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang kurang bagus. Juga ada data yang memperlihatkan jika kasus karies gigi cukup sering dialami oleh penduduk Indonesia, khususnya yang berusia lebih dari 12 tahun. Sekitar 53% masyarakat Indonesia pernah mengalami masalah karies gigi. Kondisi tersebut tentu saja membuat kekhawatiran bagi para ibu hamil, sebab efek dari gigi berlubang bukan hanya untuk ibu hamil saja, melainkan juga ke janin yang tengah dikandung.

Perkembangan janin


Gigi berlubang dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Adapun penyebab mengapa peradangan tersebut dapat terjadi yakni karena bakteri atau kuman bersarang di gigi ibu hamil. Memang peradangan pada gigi dapat terjadi karena hal tersebut, dan itulah yang membuat lubang terus bertambah dalam jika dibiarkan. Untuk diketahui jika peradangan di gigi tersebut bisa menyebar terus, menjalar menuju bagian tubuh yang lain. Kondisi tersebutlah yang sangat berbahaya. Penyebaran radang tersebut bisa menjadikan banyak organ tubuh yang lain akan ikut merasakan dampak negatif. Kuman dan bakteri yang merupakan penyebab peradangan bisa mengikuti aliran darah, selanjutnya akan menginfeksi organ tubuh ibu hamil yang lainnya. Untuk ibu hamil, bakteri yang bertanggung jawab atas peradangan tersebut juga bisa menyerang janin. Kondisi tersebut mengakibatkan terjadinya infeksi, peradangan pun akan terjadi di perkembangan janin.

Anda jangan tinggal diam, karena efek yang ditimbulkan akibat hal tersebut sangatlah berbahaya, khususnya bagi kesehatan janin Anda.

Keguguran


Yang paling parah dari efek gigi berlubang ibu hamil kepada janin adalah resiko terjadinya keguguran. Ini adalah resiko paling ditakuti, serangan dari bakteri atau kuman pada janin dapat menyebabkan kematian janin dalam kandungan. Kesedihan yang mendalam akan Anda rasakan jika mengalami keguguran.

Perkembangan janin tak optimal


Perkembangan janin juga dapat ikut terganggu karena masalah sakit gigi berlubang pada ibu hamil. Perkembangan organ janin bisa terganggu ketika infeksi bakteri datang, di mana infeksi tersebut asalnya dari bakteri pada gigi berlubang.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efek gigi berlubang terhadap Kesehatan Janin"

Poskan Komentar