Cara Mengatasi masalah Anak Susah Makan

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Cara Mengatasi masalah Anak Susah Makan: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Anak 1 tahun, 2 tahun, susah makan nasi cara mengatasi: Masalah anak susah makan merupakan masalah yang cukup rumit dan hampir dialami oleh semua orang tua. Tentunya bunda menjadi sangat khawatir akan kesehatan dan tumbuh kembang sang anak, jika disuruh makan saja sangat sulit. Memang sudah wajar sebagai orang tua senantiasa mengkhawatirkan bagaimana kecukupan gizi sang anak. Biasanya masalah yang mengikuti anak susah makan, yakni anak rewel, suka memilih-milih makanan. Jika makanan yang dihidangkan adalah makanan yang disukai anak tersebut, maka anak akan makan dengan lahap, dan sebaliknya, jika anak dihidangkan makanan yang tidak mereka sukai, maka mereka akan menjadi sangat rewel. Bahkan makanan yang diberikan kepada mereka tidak dihabiskan. Apalagi biasanya jenis makanan yang tidak disukai oleh anak-anak justru adalah jenis makanan sehat dan bergizi.

(Anak susah makan apa penyebabnya)

Penyebab masalah anak susah makan


Tentunya anak susah makan tidak begitu saja terjadi, pasti sama dengan masalah kesehatan yang lain, sama-sama ada faktor penyebabnya, dan Anda harus mengetahui ini. Adapun faktor penyebab anak menjadi susah makan terbagi menjadi 2, yaitu faktor psikis dan faktor fisik anak.

(Kondisi organ pencernaan anak terkait susahnya anak makan nasi)

Faktor fisik:


Untuk faktor fisik, umumnya dikarenakan organ pencernaan anak Anda mengalami gangguan kesehatan. Salah satu yang biasa menyebabkan gangguan ini adalah infeksi di tubuh anak Anda.

Faktor psikis:


Berbeda dengan faktor fisik, faktor psikis anak susah makan itu lebih ke arah pola pikir anak. Jika anak Anda dipaksa untuk menyantap makanan yang tak mereka sukai, atau anak Anda dipaksa menyantap makanan ketika mereka masih belum lapar, maka mereka akan memberontak dan menolak perintah Anda. Jika semakin dipaksa, maka ini tak baik, karena anak akan marah, dan justru mereka akan semakin sulit makan ke depannya. Ini merupakan sesuatu yang harus Anda hindari, karena bisa saja anak Anda kekurangan gizi karena kondisi tersebut.

Tips sederhana untuk anak yang rewel atau susah makan

(Anak susah makan karena porsi makan terlalu banyak)

Porsi kecil


Anda bisa mengajak anak makan, namun jangan sekaligus memberikan mereka porsi besar. Karena mereka bisa kekenyangan, apalagi menggunakan porsi orang dewasa, itu harus Anda hindari. Dengan porsi kecil, maka bunda pun akan bisa mengatur variasi makanan yang berbeda, dengan tujuan agar buah hati Anda tidak bosan menyantap makanan yang serupa. Selain itu, untuk mencegah mereka kekenyangan. Jangan sampai anak Anda makan terlalu berlebihan, bukan berlebihan yang harus Anda perhatikan, namun Anda hanya perlu memastikan kebutuhan gizi harian mereka terpenuhi, itu yang penting.

(Suasana makan menyenangkan bersama keluarga, anak menjadi lahap ketika makan)

Suasana makan


Anak kecil sangat dipengaruhi oleh mood, perubahan mood mereka cukup sering. Jika mood mereka baik, maka Anda akan mudah untuk mengajak mereka makan. Karena itu Anda dapat membuat suasana menyenangkan ketika jam makan buah hati Anda. Jangan sampai anak Anda beranggapan bahwa jam makan mereka adalah sebuah siksaan. Untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan bagi anak sebenarnya cukup mudah, Anda sebaiknya menghindari sikap yang kurang mereka senangi. Contohnya sikap memaksa mereka untuk makan, sikap memarahi mereka jika tidak mau makan, apalagi memukul anak Anda, ini benar-benar tidak bagus.

(Minum air membuat anak merasa kenyang, makan pun akan jadi susah)

Pemberian air minum saat makan


Sama seperti orang dewasa, jika sebelum makan, Anda sudah minum cukup banyak, maka perut pun akan terasa kenyang. Walaupun memang setelah satu jam, air minum tersebut akan keluar lagi dari tubuh dalam bentuk air seni. Tetapi ketika jam makan, akan tetap terasa kenyang. Karena itulah, sebelum jam makan selesai, atau ketika Anda menyuapi anak, hindari memberikan minum pada anak Anda. Tunggu hingga makanan mereka habis, barulah Anda berikan minum kepada mereka. Demikianlah info kesehatan terkait cara mengatasi masalah ketika anak susah makan, semoga berguna.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi masalah Anak Susah Makan"

Poskan Komentar