Tanda-tanda Persalinan yang Sudah Dekat, Apa Saja?

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Tanda-tanda Persalinan yang Sudah Dekat, Apa Saja?: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Tanda-tanda persalinan harus Anda ketahui, karena ini cukup penting. Seperti yang Anda ketahui juga bahwa melahirkan itu adalah sebuah proses yang cukup melelahkan dan panjang. Sebelum Anda memasuki tahap persalinan, maka akan terdapat tanda-tanda persalinan. Harus Anda ketahui bahwa tak semua wanita itu memiliki tanda melahirkan yang sama persis, bisa saja berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya. Walaupun begitu, persiapan untuk menghadapi persalinan harus Anda lakukan, cukup banyak persiapan yang Anda perlukan. Mulai dari tanda kelahiran emosional dan fisik, semuanya memungkinkan. Anda harus melihat tanda-tanda tersebut dengan lebih seksama, khususnya untuk jangka waktu beberapa hari atau beberapa minggu sebelum proses persalinan berlangsung. Untuk segi fisik, tanda-tanda persalinan yang ada yaitu:


Tanda-tanda fisik persalinan


Air ketuban pecah: Tanda-tanda persalinan yang pertama yakni air ketuban pecah. Ini merupakan tanda paling diketahui banyak orang, dan termasuk tanda yang paling umum juga. Kontraksi akan dialami oleh kebanyakan wanita, sebelum air ketubannya pecah. Pada beberapa wanita, juga ada yang diawali dengan ketuban yang pecah terlebih dahulu. Saat hal tersebut terjadi, umumnya persalinan akan segera datang. Jadi tanda-tanda persalinan yang satu ini harus mendapatkan perhatian lebih. Kondisi yang berbahaya jika air ketuban telah pecah, namun Anda tak mengalami kontraksi, jika ini terjadi, maka bayi pun akan terserang infeksi dengan lebih mudah. Kondisi tersebut disebabkan oleh cairan pelindung bayi atas infeksi kuman sewaktu masih dalam kandungan sudah habis. Apabila hal tersebut terjadi, maka proses induksi wajib dilakukan, supaya keselamatan bayi terjaga. Apabila Anda telah mengalami pecah ketuban, maka segeralah menuju rumah sakit. Umumnya waktu persalinan yakni 24 jam sesudah ketuban pecah.

Lendir kental: Tanda-tanda persalinan kedua yakni adanya lendir kental, yang keluar melalui vagina. Semasa kehamilan, lendir kental akan menutupi serviks. Tetapi menjelang proses persalinan, otomatis serviks akan membesar, kemudian membuat jalan lendir, agar lendir dapat keluar dari vagina. Warna lendir tersebut ada beberapa, bisa berwarna merah muda, bening, dan sedikit berdarah. Tetapi lendir yang bercampur darah tak juga senantiasa sebagai tanda jika Anda hendak melahirkan. Lendir tersebut sesungguhnya juga dapat keluar saat Anda melakukan hubungan badan ketika sedang hamil, ataupun ketika pemeriksaan vagina dilakukan.

Tanda fisik: Tanda-tanda persalinan ketiga yakni munculnya nyeri di punggung, kram, sakit perut, jadi seperti masa pramenstruasi. Juga menjadi sulit untuk tidur.

Frekuensi urinasi meningkat: Menjelang persalinan, baik itu beberapa pekan atau beberapa jam, posisi bayi akan turun menuju tulang panggul. Karena itu, maka rahim akan lebih sering bersandar ke kandung kemih, yang menyebabkan frekuensi urinasi atau keinginan buang air kecil meningkat, berbeda dibandingkan biasanya.

Kram perut: Tanda-tanda persalinan berikutnya yaitu kram perut. Tanda yang satu ini sudah pasti mudah dikenali oleh Anda, karena benar-benar membuat rasa tak nyaman. Rasa sakit akibat kram perut ini sama seperti ketika seorang wanita datang bulan. Seorang ibu hamil dapat menghilangkan rasa nyeri tersebut dengan cara mandi menggunakan air hangat. Mandi menggunakan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan nyaman, dan rasa nyeri karena kram perut menjadi berkurang. Apabila Anda mengalami kram perut, maka bersiap-siaplah, karena persalinan sudah dekat. Itulah beberapa tanda-tanda persalinan yang harus Anda perhatikan, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda-tanda Persalinan yang Sudah Dekat, Apa Saja?"

Posting Komentar