Makanan Ibu Hamil yang Terbukti Menyehatkan


Pilihan makanan untuk ibu hamil itu tidak boleh dipilih secara asal. Makanan yang dipilih harus yang dapat memenuhi kebutuhan gizi atau nutrisi ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan. Makanan bergizi benar-benar penting untuk ibu hamil, sebab makanan yang dikonsumsi itu akan memberikan pengaruh ke kesehatan janin dan ibu hamil, kesemua itu akan saling terkait satu sama lain. Seperti yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya, bahwa pemenuhan nutrisi pada tubuh ibu hamil harus seimbang. Makanan dan minuman yang dikonsumsi harus memenuhi segi kualitas, jenis, beserta kuantitas yang tepat. Ya, Anda juga tak boleh konsumsi terlalu berlebihan, karena untuk menghindari resiko obesitas.


Fase 3 bulan pertama, trimester pertama – Makanan ibu hamil

Fase trimester pertama ini merupakan fase vital, karena menyangkut pertumbuhan awal janin, selain itu juga menyangkut pembentukan organ janin. Pada fase trimester pertama juga wanita hamil sering menderita morning sickness, yang mengakibatkan rasa mual dan muntah-muntah. Karena itu, jika makanan yang dipilih salah, morning sickness akan bertambah parah, dan wanita hamil akan menjadi semakin sulit untuk konsumsi makanan dengan kuantitas yang benar.

Makanan ibu hamil yang harus dihindari pada fase trimester pertama adalah jenis makanan junk food. Contoh dari junk food misalnya gorengan, di mana biasanya gorengan di pinggir jalan itu menggunakan minyak goreng yang sama berkali-kali, selain itu juga tidak baik untuk kesehatan. Jenis makanan kedua yang harus dihindari oleh ibu hamil muda adalah makanan instan, atau makanan olahan. Ketiga, makanan dengan kandungan gula berlebih. Dan yang terakhir, makanan yang harus dihindari pada fase trimester pertama yaitu makanan yang dapat mengakibatkan proses pencernaan berlebih, contohnya karena konsumsi makanan tinggi lemak, makanan terlalu pedas, serta lain sebagainya.

Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil muda adalah buah-buahan, makanan berprotein, biji-bijian, sayuran, susu yang mengandung lemak sehat. Sayuran hijau dan biji-bijian, termasuk suplemen, dapat memenuhi kebutuhan nutrisi asam folat, yang berguna untuk menunjang perkembangan otak sang janin pada trimester pertama tersebut.

Sumber karbohidrat

Makanan ibu hamil juga harus memenuhi karbohidrat yang cukup. Karbohidrat berguna untuk ibu hamil agar tidak lemas, supaya memperoleh energi tambahan. Ada banyak jenis makanan yang mengandung karbohidrat, contohnya kentang, oatmeal, dan sereal. Kentang sendiri tidak hanya memiliki kandungan karbohidrat saja, melainkan juga ada kandungan mineral dan vitamin. Sereal selain karbohidrat ada kandungan asam folat. Oatmeal memiliki kandungan potasium, serat, zat besi, dan vitamin B, jadi cukup banyak kandungan bermanfaat untuk ibu hamil lainnya juga selain kandungan karbohidrat.

Kudapan ibu hamil

Jika ingin kudapan, jangan pilih sembarang kudapan. Hindari kudapan yang memiliki kadar gula dan garam tinggi, di mana ini banyak Anda temukan pada berbagai kudapan kemasan. Lalu apa kudapan yang tepat untuk makanan ibu hamil? Anda dapat mencoba konsumsi kacang mede, salad, ubi manis, jagung, pisang rebus, dan roti gandum. Itu beberapa contoh kudapan sehat cocok untuk para ibu hamil, rasanya pun enak dan cukup mengenyangkan.

Batasan konsumsi makanan pada ibu hamil

Kafein, max 200 mg per hari. Sementara itu, makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil contohnya ikan, daging, dan telur setengah matang maupun mentah. Makanan laut dengan kandungan merkuri juga sebaiknya dihindari. Yang terakhir, makanan dan minuman dengan kandungan alkohol.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Ibu Hamil yang Terbukti Menyehatkan"

Posting Komentar