Kehamilan 9 Bulan dan Keluhannya


Kehamilan 9 bulan memang seringkali menyebabkan berbagai keluhan muncul oleh sang ibu hamil, selain itu perasaan cemas juga akan menyelimuti, karena memang waktu-waktu tersebut adalah waktu untuk menunggu kelahiran sang buah hati. Untuk calon ibu pertama, memang itu adalah hal yang normal dan sudah tidak aneh lagi. Namun terkadang yang menjadi masalah jika sudah berlebihan dan justru membuat Anda menjadi merasa stress, tak nyaman, depresi, bahkan dapat mengganggu aktivitas keseharian, maka itu harus Anda waspadai, sebab persiapan kelahiran dapat terganggu karenanya. Yang mempengaruhi proses kehamilan ini bukan hanya pada masalah psikis saja, melainkan lebih dari itu. Mari baca selengkapnya.


Kondisi fisik


Tak sedikit ibu hamil yang juga selain masalah psikis juga mengeluhkan mengenai kondisi fisik mereka, khususnya ketika mereka telah memasuki usia kehamilan sembilan bulan. Kondisi tersebut jangan dibiarkan begitu saja, melainkan harus dicermati dan diperhatikan serta diselesaikan. Anda harus melihat apakah kondisi tersebut merupakan kondisi yang normal ataukah termasuk ke dalam kondisi yang bersifat abnormal, di mana dapat mengancam kesehatan baik ibu hamil maupun kesehatan janin. Itulah alasan mengapa ibu hamil disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter kandungan atau bidan yang berpengalaman. Di mana kondisi antara satu ibu hamil dengan ibu hamil yang lainnya belum tentu sama.

Perkembangan janin


Pada kesempatan artikel kehamilan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai perkembangan dari janin dalam kandungan ketika usia kehamilan 9 bulan.

Perubahan yang terjadi saat ini, serta bagaimana solusi yang perlu dilakukan oleh ibu hamil dalam menghadapi usia kehamilan akhir tersebut. 

Dengan begitu Anda pun akan bisa mengetahui lebih baik mengenai pertumbuhan dan perkembangan normal bayi untuk sembilan bulan, dan juga mampu menyelesaikan masalah atau keluhan yang terjadi, selain itu juga untuk mengawasi kondisi yang tak diinginkan. Karena memang pada saat ini merupakan waktu yang beresiko.

Pertumbuhan janin

Pada usia kehamilan sembilan bulan, janin seharusnya sudah memiliki bentuk yang sempurna, dan janin siap untuk dilahirkan ke dunia. Walaupun begitu, pertumbuhan tetaplah terjadi pada dalam kandungan, menantikan waktu untuk benar-benar lahir menuju dunia, yaitu pada penyempurnaan dari organ-organ janin tersebut. Fokus hal yang sebaiknya dilakukan oleh sang ibu hamil ketika waktu-waktu ini adalah ke berat badan janin. Di periode 9 bulan, mengetahui bobot janin merupakan hal yang terpenting untuk dilakukan, bayi harus memenuhi berat bayi yang ideal, jangan sampai berlebih apalagi kurang. Adapun berat ideal bayi yang baru dilahirkan itu adalah 3 hingga 4 kilogram. Tak hanya itu saja, selain bobot bayi ideal, sang ibu juga harus memperhatikan mengenai pertumbuhan organ bayi, contohnya paru-paru. Ketika usia kehamilan 9 bulan, seharusnya organ paru-paru bayi sudah sempurna dan bayi sudah dapat menghirup udara luar, atau bernafas dengan sempurna.

Rambut halus janin

Juga, ketika usia kehamilan memasuki 9 bulan, bayi sudah dipersiapkan dengan lingkungan baru mereka, termasuk rambut halus janin. Di mana rambut halus tersebut sudah mulai tumbuh di kulit bayi. Itu untuk memproteksi bayi dari lingkungan sekitar mereka. Kuku bayi pun sudah tumbuh panjang, dan mata bayi yang telah memiliki warna. Walaupun memang untuk beberapa waktu ke depan, tetap akan terjadi perubahan perkembangan. Intinya janin telah dipersiapkan untuk adaptasi dengan lingkungan baru mereka. Baca kelanjutan tentang ini di part kedua.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kehamilan 9 Bulan dan Keluhannya"

Posting Komentar