Kegunaan minum Teh untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Kegunaan minum Teh untuk Ibu Hamil: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Apa sesungguhnya kegunaan minum teh untuk ibu hamil? Selain untuk menghilangkan dahaga tentunya. Teh ini juga merupakan minuman yang bisa dibilang minuman wajib bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di pulau Jawa. Tetapi jangan terlalu gembira dahulu, karena ternyata manfaat teh untuk ibu hamil ini masih ada yang pro dan kontra. Hal tersebut memang beralasan, karena disebutkan jika manfaat yang didapatkan dari minuman teh untuk ibu hamil itu memiliki bahaya yang dapat dibilang setara. Cukup banyak ibu hamil yang suka minum teh setelah makan, karena memang sudah terbiasa. Minuman teh ini dibuat menggunakan daun teh, jadi termasuk jenis minuman alami, yaitu menggunakan pucuk daunnya. Mari baca selengkapnya.


Jenis teh yang beragam

Sebelum membahas lebih jauh, mari mengenali tentang teh terlebih dahulu. Teh memiliki jenis yang beragam, jadi tidak hanya satu. Harganya pun berbeda-beda, ada yang murah hingga ada yang cukup menguras isi dompet Anda. Adapun teh yang paling sering digunakan atau dikonsumsi oleh penduduk Indonesia adalah jenis teh hitam, itu karena harga dari teh hitam termasuk cukup murah, jadi semua masyarakat tidak akan kesulitan untuk membeli jenis teh yang satu ini. Sementara itu, jika Anda penasaran dengan harga teh yang termahal, bukanlah teh hijau, melainkan teh putih, itu karena di negara Indonesia, lahan yang ada tak cocok untuk menanam jenis teh putih, walaupun ada beberapa lahan yang cocok tetapi jarang sekali. Karena itu teh putih pun menjadi langka, dan akhirnya harganya cukup tinggi. Bahkan tak semua orang kenal dengan jenis teh yang satu ini.

Bahaya dari teh untuk ibu hamil

Sebelum membahas membahasnya, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja bahaya dari konsumsi teh untuk ibu hamil.

Anemia

Apabila ibu hamil konsumsi teh sesudah makan, maka penyerapan manfaat zat besi oleh tubuh ibu hamil pun akan terhambat. Itu karena kafein yang terkandung dalam teh tersebut, sama dengan kopi, teh juga mengandung kafein walaupun lebih sedikit, selain itu kandungan tanin dan fluorin dari teh juga dapat menghambat proses penyerapan zat besi oleh tubuh ibu hamil. Di mana zat besi termasuk zat yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah, jika kekurangan bisa menyebabkan terjadinya anemia.

Keguguran

Konsumsi kafein yang terlalu banyak bagi ibu hamil tak baik, karena berpotensi keguguran. Janin dalam kandungan tak bisa menerima kafein.

Kelahiran prematur

Bahaya lain yang mengintai jika ibu hamil minum teh adalah bayi dapat lahir prematur. Sama saja, efek tersebut disebabkan oleh kandungan kafein di dalam minuman teh.

Manfaat minum teh untuk ibu hamil

Sekarang Anda sudah mengenali beberapa bahaya dari minum teh untuk ibu hamil, lalu apa sajakah manfaat dari minum teh? Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa teh juga bermanfaat untuk ibu hamil, asalkan diminum dengan cara yang bijak dan tepat.

Menghilangkan mual

Campuran antara teh hangat dengan jahe dapat membantu menghilangkan mual atau morning sickness yang dialami oleh ibu hamil. Di mana morning sickness biasa terjadi ketika kehamilan trimester pertama.

Rileks

Aroma dari teh dapat membuat ibu hamil lebih rileks dan tidak stress. Memang aroma teh dapat digunakan untuk aromaterapi juga.

Tekanan darah tinggi

Hipertensi dalam kehamilan itu ada, dan ibu hamil beresiko terkena gangguan tersebut. Dengan minum teh, maka resiko tersebut dapat dikurangi. Epicatechin Gallat dan Epigallocatechin adalah senyawa catechin di dalam minuman teh dengan manfaat menghambat enzim Angiotensin Trasferase, di mana ini adalah enzim yang menjadikan tekanan darah tinggi di dalam tubuh. Sekian artikel tentang kegunaan minum teh untuk ibu hamil, ditunggu komentarnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kegunaan minum Teh untuk Ibu Hamil"

Poskan Komentar