Jongkok apakah Berbahaya bagi Ibu Hamil?

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Jongkok apakah Berbahaya bagi Ibu Hamil?: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Ibu hamil boleh jongkok atau tidak : Tak sedikit ibu hamil yang menanyakan perihal ini. Memang sepertinya jongkok adalah sesuatu yang mudah dilakukan, tetapi akan berbeda ketika tubuh dalam kondisi hamil. Ini berkaitan dengan penggunaan toilet, khususnya yang terbiasa menggunakan toilet jongkok. Sesungguhnya, ini pernah dibahas oleh ahli kandungan, disebutkan jika tak masalah ibu hamil jongkok, tetapi harus disertai beberapa macam syarat, salah satunya yaitu tak boleh jongkok dalam waktu yang terlalu lama. Apabila ibu hamil jongkok dalam waktu yang terlalu lama, maka akan menyebabkan janin merasa sesak, sebab janin terhimpit paha, pada posisi jongkok paha menempel di perut ibu hamil. Itulah yang harus dikhawatirkan. Mari baca selengkapnya.


Pekerjaan rumah


Tak hanya urusan toilet saja, posisi jongkok juga seringkali dibutuhkan oleh ibu hamil untuk melakukan pekerjaan yang lain, termasuk pekerjaan rumah dan beberapa kegiatan lainnya. Salah satu aktivitas yang memerlukan jongkok adalah mengepel dan mengambil barang yang terjatuh.

Toilet model jongkok

Yang mungkin sedikit merepotkan jika toilet yang ada hanya toilet jongkok saja.
Di mana toilet duduk masih jarang digunakan di pedesaan, hanya di kota besar saja. Belum lagi toilet jongkok banyak yang kurang terjaga kebersihannya di mal atau tempat umum yang lain. Ibu hamil saat masa hamil muda hingga hamil tua mungkin sering membutuhkan toilet, sebab frekuensi buang air kecil juga akan meningkat. Karena itu kekhawatiran kembali terjadi, di mana ibu hamil akan cukup sering menggunakan toilet jongkok. Bahkan tak hanya itu, karena perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh ibu hamil, sehingga menyebabkan ibu hamil sulit buang air kecil, dan akhirnya harus mendekam dalam kamar kecil cukup lama.

Mitos jongkok saat hamil

Tak sedikit wanita hamil yang resah dan khawatir jika harus memakai toilet model jongkok, sebab banyak beredar mitos di tengah-tengah masyarakat. Di mana mitos tersebut mengatakan apabila posisi jongkok sebaiknya tak dilakukan oleh ibu hamil karena berbahaya. Tetapi sebaliknya, justru posisi jongkok tersebut merupakan posisi yang dianjurkan ahli kehamilan internasional. Disebutkan oleh para ahli kandungan jika posisi jongkok justru aman dan sangat baik untuk ibu hamil. Alasannya adalah posisi jongkok jika dilakukan dengan rutin dapat melatih otot perut serta paha agar lebih kuat, dan lebih siap dalam melewati persalinan alami, dan tak membutuhkan prosedur operasi Cesar. Tetapi ingatlah juga bahwa resiko jongkok terlalu lama janin dapat sesak nafas, Anda tak ingin itu terjadi.

Segi higienitas

Jangan lupa melihat ke segi higienitas atau kebersihan juga dari toilet jongkok yang hendak Anda gunakan. Dipandang dari segi kebersihan, maka toilet jongkok sudah pasti lebih bersih dibandingkan menggunakan wc duduk. Sebab di toilet jongkok, tubuh ibu hamil yang akan menyentuh toilet hanyalah telapak kaki saja, telapak tangan pun tak perlu menyentuh toilet jongkok. Berbeda dengan wc duduk, Anda tentu sudah tahu mengenai hal ini bukan?

Latihan jongkok

Dengan menggunakan toilet duduk, itu sekaligus menjadi latihan bagi para bumil untuk jalan lahir yang terbuka sempurna. Penelitian pernah dilakukan oleh para ahli kesehatan, mereka menganjurkan ibu hamil untuk latihan jongkok pada masa kehamilan. Itu bertujuan memperoleh elastisitas persalinan bagus, dengan begitu jalan lahir dapat terbuka dengan lebih lebar hingga 30%. Sekian artikel tentang jongkok apakah berbahaya bagi ibu hamil, semoga menjawab pertanyaan tersebut.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jongkok apakah Berbahaya bagi Ibu Hamil?"

Poskan Komentar