Jamur Mulut pada Bayi? Begini cara mengatasinya

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Jamur Mulut pada Bayi? Begini cara mengatasinya: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Cara mengatasi jamur mulut di bayi dengan mudah : Bayi dapat menjadi gelisah karena banyak hal, salah satu hal yang menyebabkan bayi gelisah yaitu penyakit jamur mulut. Jika Anda terlalu sering mendengar bayi menangis dan menjadi rewel, Anda patut curiga, khususnya jika Anda bingung mengenai apa yang menyebabkan bayi menangis, karena sudah makan, tidur pun tidak kurang.
Di mana tangisan bayi menandakan ada sesuatu yang membuat bayi tak merasa nyaman.
Penanganan cepat dibutuhkan oleh bayi, supaya jamur mulut menghilang, bayi merasa nyaman dan menjadi sehat. Anda pun akan lega dan ikut tenang. Mari baca selengkapnya.


Keluhan yang timbul


Apabila bayi menderita jamur mulut, maka beberapa keluhan berikut akan dirasakan oleh sang bayi. Keluhan tersebut antara lain perut mules, sering menangis, bayi malas menyusu dan bayi menjadi sering buang air. Jika Anda sudah melihat tanda-tanda tersebut, maka Anda harus mulai waspada. Berikan beberapa pertolongan seperti yang kami bagikan di bawah ini.

Pertolongan pertama


Anda harus menghentikan pemberian makanan yang diduga memicu alergi kepada bayi, di mana makanan tersebut yang menjadi faktor penyebab penyebaran jamur. Cara yang sangat mudah yang dapat Anda terapkan yakni dengan memakai air hangat, bersihkan rongga mulut bayi, juga berikan madu untuk obat kepada bayi Anda. Cara memberikan madu kepada bayi dengan dioleskan ke lidah dan bibir bayi.

Pertolongan kedua


Selanjutnya berlanjut ke pertolongan kedua untuk bayi dengan jamur mulut. Gizi ibu menyusui harus ditingkatkan, dengan cara menjaga kondisi dan daya antibodi tubuh ibu menyusui, dengan begitu kualitas Air Susu Ibu (ASI) pun akan baik pula. Selain itu juga dapat membantu proses penyempurnaan pada organ bayi dengan lebih cepat. Contoh makanan yang bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui misalnya buah-buahan dan gula – Untuk buah-buahan Anda dapat mengkonsumsi buah alpukat dan pepaya. Kedua buah ini merupakan contoh buah yang bagus untuk meningkatkan kualitas dari ASI.

Seleksi makanan


Selanjutnya yang masih menjadi masalah adalah jika bayi tak mau menyusu, juga apabila ASI tak bisa keluar. Karena itu dibutuhkan juga seleksi makanan yang dimakan oleh bayi nantinya, alternatif lain yaitu dengan konsultasi ke dokter ahli gizi, dokter akan memberikan saran yang terbaik. Jika memang beberapa cara sudah Anda lakukan tetapi kelainan pun terjadi kembali, sumber jamur mungkin bukan pada makanan, melainkan pada peralatan makan kurang bersih. Karena itu, Anda juga sebaiknya membersihkan peralatan makanan bayi, mulai dari dot sampai dengan botol susu yang hendak bayi Anda pakai.

Juga, mulailah kebiasaan untuk meminumkan air putih pada bayi seusai mereka menyusu, dan beri madu di lidah atau bibir sang bayi, jangan lupa bersihkan juga mulut bayi menggunakan air hangat. Adapun cara-cara membersihkannya dapat Anda lihat di bawah ini:

Basahi kain kasa memakai air hangat, lalu balutkan ke jari telunjuk Anda. supaya lebih mudah ketika membersihkan, Anda letakkan bayi di pembaringan. Sesudahnya, Anda dapat memulai bersihkan mulut bayi di bagian luar, yakni pada daerah bibir bayi.

Setelahnya Anda bukalah perlahan mulut bayi memakai bantuan jari tangan, kemudian masukkan jari telunjuk, lalu gosoklah secara perlahan gusi, dimulai bagian belakang atas hingga depan atas. Selanjutnya, Anda lakukan hal sama di bagian bawah dari gusi bayi.

Jangan lupa membersihkan bagian lidah bayi juga. Anda dapat membersihkan dimulai dari pangkal lidah, namun jangan lupa lakukan dengan penuh kehati-hatian. Perlahan menuju bagian depan. Tak hanya memakai kain kasa, sebagai alternatif, Anda dapat memakai sikat plastik khusus yang memang dibuat untuk itu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jamur Mulut pada Bayi? Begini cara mengatasinya"

Posting Komentar