Ibu Hamil cegukan Penyebab dan Penanganan

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Ibu Hamil cegukan Penyebab dan Penanganan: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Ibu hamil cegukan, tentu Anda khawatir dengan kondisi ini, apalagi cegukan terjadi ketika hamil. Memang cegukan termasuk kondisi yang tidak aneh dan Anda tidak akan ambil pusing, tetapi bagaimana jika itu terjadi ketika Anda sedang dalam keadaan hamil. Anda mungkin takut apabila janin dalam kandungan Anda terkena dampak dari cegukan tersebut. Di dalam dunia kedokteran, cegukan memiliki sebutan Cungultus, tanda dari cegukan adalah suara tercekik pada tenggorokan. Adapun suara itu muncul dari diafragma tubuh, suara cegukan akan muncul secara berulang, terus berlangsung sampai cegukan sembuh. Jika mengalami cegukan, tentu tak akan merasa nyaman. Anda akan sangat merasa terganggu. Mari baca selengkapnya.


Penyebab cegukan

Ibu hamil yang mengalami cegukan itu adalah sesuatu yang normal. Yang harus mendapatkan perhatikan jika cegukan yang terjadi hingga beberapa hari tak kunjung sembuh, maka sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter untuk mencari solusi terbaik. Begitu pula ketika hamil muda, jangan sampai terjadi cegukan yang cukup keras, karena cegukan bervolume keras dapat menjadikan perut tergoncang, dan ini berarti secara tidak langsung akan mempengaruhi janin dalam kandungan. Sebisa mungkin guncangan semasa hamil itu harus dihindari.

Kekurangan cairan

Penyebab pertama cegukan adalah karena tubuh kekurangan cairan. Ibu hamil yang jarang minum air putih dapat terkena cegukan dengan mudah. Itu karena tubuh ibu hamil membutuhkan cukup banyak cairan, supaya aliran darah dan oksigen di dalam tubuh dapat berjalan lancar. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka makanan yang dikonsumsi dan masuk dalam tubuh pun tak semuanya masuk dalam perut, pada kondisi tersebutlah ibu hamil mengalami cegukan.

Perubahan suhu tubuh

Penyebab kedua cegukan adalah karena perubahan suhu yang terjadi di dalam tubuh ibu hamil. Contohnya sehabis mengkonsumsi makanan panas, dan minum minuman dingin. Selain menyebabkan cegukan, pola makan seperti itu dapat berakibat buruk bagi tubuh sendiri, termasuk gigi yang mudah keropos. Oleh karena itu sebaiknya makanan yang memiliki suhu berbeda harus dihindari, supaya cegukan tak terjadi, dan supaya gigi tidak keropos.

Bumbu penyedap

Penyebab ketiga cegukan adalah karena penggunaan bumbu penyedap di dalam makanan pedas yang ibu hamil konsumsi. Makanan pedas merupakan makanan yang harus dipantang oleh ibu hamil, juga, ibu hamil yang tahan pedas jika memaksa makan jenis makanan ini maka jangan heran jika mengalami cegukan. Makanan pedas dapat mempengaruhi diafragma tubuh, karena ibu hamil akan menghirup oksigen jauh lebih banyak dibandingkan ketika tak kepedasan.

Penanganan cegukan

Untuk menangani cegukan terdapat beberapa cara.

Menahan nafas

Cara pertama yaitu dengan tahan nafas untuk beberapa detik. Ini bertujuan mengatur jumlah oksigen masuk dalam diafragma. Dengan mengatur pemasukan serta pengeluaran oksigen, akan bisa membantu diafragma untuk kembali dalam bentuk semula. Dengan menahan nafas juga maka penekanan diafragma akan ikut berkurang.

Air lemon

Cara kedua yaitu dengan memanfaatkan air lemon. Sama dengan air putih, kestabilan diafragma dapat terjaga dengan perasan air lemon. Apabila diafragma telah stabil, cegukan pun akan menghilang dengan sendirinya.

Berbaring

Cara ketiga menghilangkan cegukan pada ibu hamil adalah dengan berbaring. Posisi berbaring ibu hamil yang benar yaitu dengan berbaring namun kondisi lutut Anda dilipat menuju arah perut. Posisi tersebut dapat membantu posisi dari diafragma untuk manfaat menghilangkan cegukan. Sekian artikel tentang ibu hamil cegukan penyebab dan penanganan, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ibu Hamil cegukan Penyebab dan Penanganan"

Posting Komentar