Ibu Hamil 9 bulan dan Perubahannya

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Ibu Hamil 9 bulan dan Perubahannya: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Jika sebelumnya Anda sudah membaca mengenai kehamilan 9 bulan dan keluhannya, sekarang mari lanjutkan membaca informasi tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada usia kehamilan sembilan bulan. Di mana setiap ibu hamil pasti akan melewati masa-masa ini, masa-masa menjelang proses kelahiran bayi. Ketika usia janin sudah memasuki tahap ini, maka janin sudah dipersiapkan dalam beradaptasi dengan lingkungan baru mereka setelah dilahirkan nanti. Imunitas sang bayi pun juga akan dibantu dengan ASI pertama, dikenal juga sebagai suplai kolostrum beserta susu. Pada akhir dari usia kehamilan sembilan bulan, yakni minggu 39, size bayi sudah 51 cm, dan memiliki berat kurang lebih 3,4 kilogram. Walaupun begitu, Anda tak perlu khawatir jika bayi dengan bobot ternyata hanya 2,5 hingga 3,8 kilogram, sebab itu juga termasuk bobot bayi sehat. Mari baca selengkapnya.


Air ketuban


Ketika sudah memasuki umur kehamilan 9 bulan atau 39 minggu, air ketuban akan berubah warna putih butek atau pucat. Itu karena terdapat vernix caseosa, di mana vernix caseosa tersebut dilepaskan oleh sang janin. Tak hanya itu, lapisan kulit paling luar dari janin pun akan mengelupas juga, serta diganti kulit baru pada bagian bawahnya. Ketika usia kehamilan sembilan bulan sudah berakhir, namun janin masih tidak lahir juga, Anda tak perlu takut. 
Pada beberapa wanita hamil juga mengalami kondisi yang sama, yaitu kelahiran terjadi di umur kehamilan 42 minggu, kondisi tersebut masih termasuk ke dalam kondisi yang normal, biasa disebut juga dengan “Full term”. 
Penanganan kondisi ini, lebih detailnya bisa Anda coba konsultasikan ke dokter, dengan begitu Anda akan dapat mengetahui prediksi dari kelahiran janin dengan lebih tepat.

Perubahan yang terjadi


Sekarang mari lanjut ke topik utama dari kesempatan artikel kali ini, yaitu perubahan apa saja yang terjadi pada kehamilan 9 bulan. Dan apa saja hal yang harus dilakukan ibu hamil sembilan bulan. Seringkali para ibu hamil cemas dan bertanya-tanya tentang hal ini. Juga, kala ini kehamilan juga semakin membesar, karena itu tak luput dari keluhan yang terjadi pada tubuh sang ibu hamil. Apalagi untuk yang baru pertama kali melahirkan, karena masih belum berpengalaman. Keadaan ibu hamil ketika memasuki usia atau umur kehamilan sembilan bulan yang pertama yaitu gangguan pernafasan. Itu karena janin tumbuh semakin besar serta akan menekan diafragma sang ibu. Karena itulah sang ibu akan menjadi sesak nafas. Tak hanya sesak nafas saja, ibu hamil yang kala itu mengalami kondisi terdesak akan merasakan panas di bagian tulang iga, bisa disebabkan oleh posisi kepala bayi turun.

Kaki bengkak

Juga, kaki bengkak sering dialami oleh ibu hamil. Kaki bengkak di ibu hamil dapat terjadi varises vena, ibu hamil bisa mengatasi gangguan ini dengan cara berjalan kaki. Sebab berjalan kaki bisa melancarkan proses sirkulasi darah, dan darah pun akan mengalir menuju seluruh tubuh tanpa gangguan.

Kontraksi palsu

Selain itu, ada juga kondisi lainnya yang disebut dengan kontraksi palsu. Ibu hamil 9 bulan seringkali mengalami keadaan ini. Kontraksi palsu memiliki nama lain Braxton Hicks, rasa sakit ringan yang terjadi. Untuk mengatasi kondisi ini, wanita hamil dapat mencoba duduk ataupun berbaring untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh. Artikel ini bersambung ke part 3.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ibu Hamil 9 bulan dan Perubahannya"

Posting Komentar