Gizi Ibu Hamil dan Nutrisi yang dibutuhkan


Gizi ibu hamil untuk seorang ibu penting untuk dipenuhi, namun apa sajakah yang sesungguhnya dibutuhkan? Di mana mungkin ada sedikit perbedaan, khususnya dari jumlah nutrisi dan apa pengaruhnya bagi janin di dalam kandungan. Anda sebaiknya mengetahui ini, sehingga dapat menyiapkan perencanaan kehamilan dengan lebih baik juga. Karena memang nutrisi itu merupakan salah satu elemen penting yang harus mendapat perhatian di dalam proses kehamilan hingga melahirkan nanti. Nutrisi dan gizi yang tercukupi harus terpenuhi oleh ibu hamil, jumlahnya pun lebih banyak dibandingkan wanita yang sedang dalam kondisi tidak hamil. Terpenuhi atau tidaknya gizi atau nutrisi ibu hamil itu tergantung pola makan sang calon ibu.


Perkembangan otak janin dan gizi ibu hamil

Ketika usia kehamilan sudah mulai memasuki trimester ke 2, maka bayi akan mengalami pertumbuhan susunan saraf dan pertumbuhan otak, pada waktu ini pertumbuhan sedang berlangsung dengan pesat. Jika Anda tak berhasil memenuhi kebutuhan gizi atau nutrisi yang tepat yang mendukung proses pertumbuhan tersebut, maka pertumbuhan otak dan susunan saraf anak Anda tidak akan bisa maksimal. Karena itu asupan makanan harus benar-benar dijaga kala ini, jangan sembarangan. Usia kehamilan seorang ibu yang bertambah, menandakan jika nutrisi dan gizi yang dibutuhkan juga semakin tinggi. Ini memang wajar dan masuk akal, karena kebutuhan bayi akan nutrisi, di dalam kandungan, akan ikut meningkat seiring waktu.

Rangkuman

Mengenai apa saja kiranya garis besar nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, berikut rangkumannya. Ibu hamil akan membutuhkan asupan gizi berupa protein, kalori, asam folat, vitamin, dan kalsium. Untuk kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil, jumlahnya yakni 300 hingga 400 kkal per harinya, ini merupakan jumlah minimal yang harus dipenuhi dan dihitung per harinya. Untuk sumber kalori sendiri ada berbagai macam, contohnya dari nasi, umbi-umbian, dan juga lemak hewani serta lemak nabati. Jika Anda saat kelas SD mungkin pernah mendengar 4 sehat 5 sempurna, itu merupakan rangkuman yang termudah sebagai panduan pilihan konsumsi Anda semasa kehamilan.

Gizi ibu hamil pada trimester 3

Beban ibu hamil di trimester 3 akan terasa cukup berat, karena ukuran perut yang membesar, yang menandakan jika bayi sudah berusia cukup besar dan mendekati waktu melahirkan. Karena itu, kebutuhan nutrisi pada trimester III ini juga terbilang cukup tinggi dibandingkan trimester sebelumnya. Ibu hamil akan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk cadangan energi, khususnya untuk proses persalinan ke depannya. Karena itu baik kuantitas maupun kualitas dari pemenuhan gizi ibu hamil tidak boleh tidak seimbang kala ini, semuanya harus seimbang dan teratur. Begitu pula dengan perkembangan otak janin, kala trimester 3 ini, pertumbuhan tersebut akan cepat sekali, khususnya pada waktu 2 bulan terakhir menuju persalinan. Itu juga merupakan salah satu alasan mengapa jangan sampai tubuh Anda kekurangan gizi atau nutrisi pada trimester ketiga ini.

Vitamin B2, B3, dan B1

Ketiga jenis vitamin tersebut merupakan jenis vitamin yang benar-benar dibutuhkan oleh ibu hamil.  Tiamin, Niasin, dan Riboflavin, merupakan vitamin yang bisa membantu enzim dalam mengatur metabolisme dari energi dan sistem pernafasan ibu hamil. Seorang ibu hamil direkomendasikan mengkonsumsi Riboflavin 1,2 mg/hari, Niasin 11 mg/hari, dan Tiamin sebanyak 1,2 mg/hari. Untuk sumber-sumbernya, bisa diperoleh dari makanan kacang-kacangan, susu, keju, telur, dan juga hati.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gizi Ibu Hamil dan Nutrisi yang dibutuhkan"

Posting Komentar