Gigi pertama bayi mau Tumbuh Apa Tanda-tandanya?

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Gigi pertama bayi mau Tumbuh Apa Tanda-tandanya?: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Tanda gigi pertama bayi yang mau tumbuh : Kondisi bayi termasuk kondisi kesehatan bayi akan mempengaruhi tumbuhnya gigi bayi kesayangan Anda. Bayi di masa pertumbuhan itu tentu gigi mereka telah berbeda, tetapi untuk tanda-tanda gigi bayi mau tumbuh sendiri biasanya terjadi di usia bayi 4 hingga 6 bulan.
Orang tua memang tak akan bisa mengetahui kapan pastinya gigi pertama bayi itu tumbuh.
Tetapi memang terdapat beberapa tanda yang memperlihatkan apabila gigi bayi telah mulai mau tumbuh, itu dipengaruhi dari jenis dan tingkatan, di mana antara bayi yang satu dengan bayi yang lainnya belum tentu sama, benar-benar beragam. Mari baca selengkapnya.


Merasa tidak nyaman


Tak sedikit bayi yang berada pada masa pertumbuhan gigi mereka akan merasa tidak nyaman dan menjadi sering rewel, sering menangis juga. Untuk kecepatan pertumbuhan gigi, juga, antara satu bayi dengan bayi yang lain bisa berbeda, ada yang pertumbuhannya lambat namun ada juga yang pertumbuhannya cepat. Namun gejala umum yang ditunjukkan memang selalu sama. Jika Anda masih belum mengetahui apa saja tanda dari gigi pertama bayi yang mau tumbuh, Anda dapat membacanya di bawah ini.

Ruam pada wajah atau dagu


Ruam di kulit bayi dapat terjadi, karena air liur yang banyak keluar ketika pertumbuhan gigi terjadi. Biasanya ruam tersebut muncul di daerah dagu, leher, dan daerah mulut. Cara menanggulangi ruam kulit bayi ini yaitu dengan membersihkan air liur yang keluar dari mulut bayi dengan rajin, gunakan sapu tangan untuk itu. Pilihlah sapu tangan yang lembut, jangan yang kasar. Akan lebih sempurna jika Anda membersihkan menggunakan krim kulit khusus yang memang dibuat untuk bayi.

Mengeluarkan air liur


Karena pertumbuhan gigi, air liur yang dikeluarkan oleh bayi pun juga akan meningkat. Di mana air liur ini yang menyebabkan terjadinya ruam, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Kondisi ini sudah umum terjadi, khususnya bagi bayi yang usianya antara 10 minggu sampai dengan 3 dan 4 bulan.

Bawah gusi terjadi pendarahan


Pendarahan bawah gusi dapat terpicu karena pertumbuhan gigi bayi. Jika Anda melihatnya maka akan terlihat seperti benjol dengan warna kebiruan. Cara untuk meringankan ini yakni dengan kompres air dingin.

Sulit tidur ketika malam hari


Pertumbuhan gigi bayi akan menyebabkan rasa nyeri, bahkan berlangsung sampai malam hari. Karena itu sang bayi pun akan susah tidur. Jika ini kondisi yang terjadi, Anda disarankan jangan menyusui bayi. Sebab tindakan tersebut justru akan memperparah keadaan, di mana gusi bayi akan semakin sakit, dan bayi pun akan semakin tidak bisa tidur.

Demam ringan


Ketika gigi bayi hendak tumbuh, kekebalan tubuh bayi pun akan menurun sedikit. Bayi pun akan lebih mudah dalam terkena infeksi. Peradangan pada gusi yang terjadi akan menyebabkan terjadinya demam ringan. Pada keadaan ini, apabila demam di kurun waktu tiga hari masih tak reda-reda, Anda disarankan memeriksakan bayi ke dokter.

Tak nafsu makan


Bayi juga akan tak nafsu makan, dikarenakan rasa sakit yang terjadi di mulut. Tetapi bagaimanapun bayi tetap harus makan, karena itu Anda harus berusaha. Jangan sampai bayi kekurangan gizi karena nafsu makan mereka berkurang. Untuk menghisap susu pun bayi juga akan merasa sakit. Itulah tanda-tanda jika gigi bayi mau tumbuh, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gigi pertama bayi mau Tumbuh Apa Tanda-tandanya?"

Posting Komentar