Bumil diare apa obatnya yang manjur?

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Bumil diare apa obatnya yang manjur?: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Bumil diare apa obatnya, bagaimana menemukan obat diare untuk ibu hamil yang aman dan terbukti dapat menyembuhkan. Memang itu adalah hal yang membingungkan, apalagi jika terserang diare, di mana penyakit ini akan membuat perut serasa tak nyaman. Belum lagi Anda jadi harus bolak balik ke toilet untuk buang air besar. Karena itu, penyakit diare yang mengganggu ini harus segera disembuhkan, juga sebelum ibu hamil mengalami dehidrasi. 
Memahami obat apa yang sebaiknya dikonsumsi saat hamil jika terserang diare sangat penting untuk diketahui oleh ibu hamil.
Dalam masa kehamilan, memang ibu hamil tak boleh sembarangan ketika mengkonsumsi obat, karena takut pada bahan dari obat dapat memberikan efek negatif kepada bayi di kandungan. Mari baca selengkapnya.


Segera sembuhkan diare sebelum dehidrasi


Bumil yang terkena diare, mungkin tak terlalu riskan jika diare yang menyerang hanyalah diare ringan. Namun jika tubuh sudah mulai mengalami dehidrasi, maka kunjungan ke dokter diperlukan. Jangan sampai membiarkan kondisi tersebut berlanjut-lanjut. Adapun faktor penyebab bumil terserang diare juga bermacam-macam, salah satunya adalah pola makan tak biasa. Saat dalam masa kehamilan, ada yang namanya ngidam. Di mana karena faktor ini, maka pola makan di luar kebiasaan pun dapat terjadi. Ini dapat meningkatkan resiko terserang penyakit diare, khususnya jika sering makan atau jajan di luar untuk memenuhi keinginan konsumsi makanan atau minuman tertentu akibat ngidam. Penyakit diare juga tak boleh Anda anggap remeh, sebab ini menyangkut tidak hanya kesehatan bumil saja, melainkan juga kesehatan janin yang dikandung. Sekarang mari mengenali apa sebenarnya penyebab diare pada bumil, di bawah ini.

Penyebab penyakit diare menyerang


Minum susu berlebihan: Minum susu terlalu banyak, dan susu yang diminum tersebut tak memiliki kandungan laktosa, atau hanya memiliki kandungan laktosa sedikit, menyebabkan tubuh ibu hamil sulit mencerna, sehingga akan menyebabkan usus tak bisa beradaptasi, dan pada akhirnya terjadi penyakit diare.

Infeksi bakteri: Penyebab kedua adalah karena infeksi bakteri. Di mana ini merupakan faktor penyebab diare terjadi tak hanya pada bumil saja, melainkan juga pada orang yang daya antibodi tubuhnya sedang dalam kondisi lemah. Tubuh terinfeksi bakteri parasit, serta virus, contohnya salmonella, E. Coli, Balantadium Coli, Adenovirus, dan Nentamoeba Ritavirus, di mana semua parasit tersebut ada pada makanan. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang terdapat bakteri atau virus penyebab diare, maka Anda pun akan terinfeksi oleh penyakit diare.

Perubahan hormon: Penyebab ketiga mengapa bumil dapat terserang penyakit diare adalah karena pengaruh perubahan hormon. Produksi hormon akan meningkat pesat ketika seorang wanita hamil, di mana itu akan membuat produksi dari asam lambung terganggu, sistem pencernaan tubuh pun akan ikut terganggu. Kondisi ini dapat mengakibatkan terjadinya diare pada bumil. Ukuran rahim yang membesar juga ikut berpengaruh, karena gerakan usus akan tersumbat, bakteri pun bisa tumbuh pesat. Yang pada akhirnya akan mengakibatkan bumil terserang penyakit diare.

Cara pengobatan diare bumil


Untuk pengobatan diare pada ibu hamil, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yang aman untuk bayi dalam kandungan juga. Adapun cara-cara tersebut yaitu:

  1. Memperbanyak waktu istirahat
  2. Minum oralit dan minum air putih lebih banyak
  3. Menambah asupan cairan elektrolit di tubuh, dengan begitu tubuh pun akan terhindari dari bahaya dehidrasi
  4. Konsumsi madu, sebab madu bagus dalam meningkatkan sistem antibodi tubuh, dan mudah dicerna tubuh
  5. Konsumsi sup, minum jahe, makan roti panggang


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bumil diare apa obatnya yang manjur?"

Posting Komentar