Bayi Sungsang apa yang Menjadi Penyebabnya

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Bayi Sungsang apa yang Menjadi Penyebabnya: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Bayi sungsang merupakan sebuah keadaan yang membuat ibu hamil merasa khawatir. Anda perlu untuk mengetahui apa penyebab dari kondisi ini, dan juga bagaimana cara untuk mengatasinya. Disebutkan jika 4 dari 100, posisi sungsang dialami oleh bayi lahir. Posisi bayi sungsang itu merupakan sesuatu yang normal, di mana itu menandakan jika bayi sehat, bergerak dan cukup aktif. Posisi seperti apa yang berarti posisi tersebut merupakan posisi bayi sungsang, yakni posisi kepala bayi ada di atas, sementara pantat bayi berada di bawah. Di mana untuk seorang ibu hamil bisa melahirkan dengan normal, maka posisi kepala sang bayi seharusnya ada di sebelah bawah. Mari baca selengkapnya.


Resiko lahir cacat

Jika Anda bertanya, apakah posisi bayi sungsang ini memiliki resiko bayi dilahirkan cacat. Peneliti menyebutkan jika terdapat beberapa macam kondisi yang memang memungkinkan resiko posisi bayi sungsang untuk terjadi. Adapun beberapa kondisi tersebut yaitu:

Bentuk rahim

Bentuk rahim memanjang (Septum uterus) pada seorang wanita benar-benar memungkinkan wanita tersebut mempunyai bayi sungsang. Di mana bentuk tersebut akan menyulitkan bayi untuk berputar pada posisi normal.

Lokasi tak biasa dari plasenta

Hal yang menyulitkan bayi masuk menuju jalan lahir, serta di posisi normal berikutnya adalah lokasi tak biasa plasenta. Plasenta menutupi jalan lahir atau rongga rahim.

Volume dari air ketuban

Volume air ketuban terlalu sedikit atau terlalu banyak itu sama-sama menyebabkan resiko bayi lahir sungsang semakin tinggi. Apabila volume air ketuban terlalu tinggi maka bayi di dalam rahim akan bergerak leluasa layaknya berenang. Namun apabila volume dari air ketuban terlalu sedikit, maka bayi pun akan mengalami kesulitan untuk berputar.

Ukuran bayi

Faktor berikutnya adalah ukuran bayi. Bayi dengan ukuran terlalu kecil mengakibatkan bayi tersebut benar-benar mudah merubah posisi dalam rahim. Tetapi tubuh bayi terlalu besar juga membuat bayi tersebut tak bebas bergerak.

Cara mengatasi

Lalu apakah posisi bayi sungsang dapat dikembalikan seperti semula? Apakah hal ini dapat diatasi atau tidak. Cara alami adalah cara yang direkomendasikan, cara yang sebaiknya Anda coba. Anda bisa mengikuti kelas senam hamil, selebihnya, Anda dapat melakukan gerakan senam hamil bayi sungsang sendiri langsung di rumah. Gerakan yang perlu Anda lakukan tidaklah sulit, Anda coba melakukan gerakan menungging atau gerakan sujud dengan rutin sebanyak 5x, dengan jangka waktu 3 hingga 5 menit. Di mana orang tua pada zaman dahulu itu memberikan saran bagi para ibu hamil untuk mengepel lantai memakai tangan, sebab cara mengepel tersebut akan menyebabkan ibu hamil harus melakukan gerakan jongkok, dan cara itu dipercaya bisa memperbaiki posisi sungsang, tetapi tetap saja jangan sampai ibu hamil kelelahan. Jadi diatur juga.

Pertolongan dokter

Beberapa profesional medis juga menyebutkan jika pertolongan dokter dapat membantu mengatasi sungsang ini. Namun jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu. Juga, jangan sekali-sekali berkunjung ke pijat tradisional atau dukun bayi untuk memperbaiki posisi bayi sungsang, sebab bisa sangat berbahaya, apalagi mereka tidak memiliki latar belakang medis. Jangan mengambil resiko, walaupun Anda mendengar dari orang yang Anda percaya. Jauh lebih baik meminta pertolongan kepada dokter yang memang sudah ahli atau profesional di bidangnya tersebut.

Syarat bayi sungsang dapat lahir dengan normal yakni berat bayi tak terlalu tinggi, tak ada tumor, kondisi dari jalan lahir sang ibu yang baik, kepala bayi tak terlilit oleh pusar, panggul ibu tak terlalu sempit, dan posisi kepala bayi yang tak terlalu menunduk. Sekian artikel tentang penyebab bayi sungsang.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bayi Sungsang apa yang Menjadi Penyebabnya"

Poskan Komentar