Bahaya konsumsi Junk Food saat Hamil

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Bahaya konsumsi Junk Food saat Hamil: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Bahaya konsumsi makanan junk food saat hamil harus diperhatikan. Junk food memang memiliki rasa yang enak tetapi Anda harus berhati-hati, karena kualitas dari makanan tersebut untuk kesehatan tidak seenak rasanya. Apalagi ketika Anda sedang dalam kondisi hamil, maka sebaiknya berpikir dua kali sebelum konsumsi junk food ini. Jika Anda sebelumnya memiliki kebiasaan konsumsi junk food, sebaiknya Anda mulai menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Junk food bukan hanya berbahaya untuk kesehatan ibu hamil, tetapi juga berbahaya untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Pernah dilakukan penelitian untuk membuktikan kebenaran dari hal ini sebelumnya, di mana penelitian tersebut diterbitkan dalam The Journal FASEB, mari baca selengkapnya.


Penelitian bahaya junk food untuk ibu hamil


Berdasarkan penelitian yang disebutkan dalam The Journal FASEB tersebut, seorang wanita hamil yang doyan konsumsi makanan junk food berkandungan lemak dan gula tinggi beresiko memiliki anak yang suka konsumsi junk food ketika mereka dewasa nanti. Di mana ini adalah sesuatu yang tidak Anda harapkan bukan? Memang penelitian tersebut bukan dilakukan oleh manusia, melainkan oleh tikus. Tetapi tunggu dulu, karena ternyata tikus dan manusia itu dianggap memiliki sistem biologis fundamental sama, karena itu hasilnya memang benar-benar mengkhawatirkan khususnya untuk ibu hamil. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sudah membaca ini, bunda sebaiknya segera menjaga pola makan serta asupan nutrisi dengan baik, khususnya selama kehamilan, hindari konsumsi junk food sementara waktu, itu termasuk ketika waktu menyusui tiba. Alasannya adalah untuk kesehatan bayi Anda, agar asupan nutrisi bagi tubuh bayi senantiasa terpenuhi dengan baik, pola makan yang baik juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil sendiri. Jadi di sini ada 2 pihak yang diuntungkan.

Apa yang sebaiknya dikonsumsi?


Sekarang pertanyaannya, jika tidak konsumsi junk food maka apa yang sebaiknya Anda konsumsi semasa kehamilan?

Sayur dan buah: Adalah bahan makanan terbaik yang disarankan. Untuk buah, Anda dapat mengolahnya menjadi fresh juice atau jus segar. Tak hanya buah saja, bahkan Anda juga dapat mengolah sayur menjadi jus, untuk kemudahan dalam konsumsi.

Akan sangat disayangkan jika anak Anda telah memiliki peluang besar menjadi penggila junk food ke depannya atau ketika mereka dewasa nanti. Sebab junk food pada dasarnya walaupun memiliki rasa yang enak, tetapi sangat buruk untuk kesehatan dan nilai gizinya sangat rendah. Memakan junk food terlalu sering juga beresiko terkena obesitas. Di mana makanan yang menjadi favorit saat ibu hamil, akan ikut menentukan apa yang menjadi makanan favorit bayi ketika sudah dilahirkan nanti. Inilah yang harus Anda pikirkan juga, jangan sembarangan.

Penumpukan lemak


Selain itu, Anda juga harus ingat bahwa junk food adalah makanan yang enak, karena mengandung lemak yang cukup tinggi. Penumpukan lemak di pembuluh darah beserta organ tubuh yang lain di bayi akan mempengaruhi kesehatan mereka, hingga bayi Anda dewasa nanti. Selain itu, efek negatif lain yang akan dialami oleh anak Anda adalah peningkatan gula darah, penurunan sensitivitas insulin, dan lemak di dalam darah. Semua hal tersebut memiliki kaitan dengan diabetes dan kelebihan berat. Asupan gizi yang baik diperlukan oleh ibu hamil, oleh karena itu mulai dari sekarang kami sarankan bagi Anda untuk mulai menghindari konsumsi junk food dan menggantinya dengan konsumsi makanan sehat, kaya zat besi, protein, omega-3, kalsium, serta vitamin. Sekian artikel tentang bahaya konsumsi junk food saat hamil.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya konsumsi Junk Food saat Hamil"

Posting Komentar