TORCH pada Kehamilan perlu Anda waspadai

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait TORCH pada Kehamilan perlu Anda waspadai: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
TORCH pada kehamilan, kehamilan sehat memang adalah dambaan semua ibu hamil. Walaupun begitu tetap saja terdapat kemungkinan ada gangguan psikis dan fisik yang mungkin akan berubah ketika masa kehamilan Anda. Masalah kesehatan dapat menimpa ibu hamil kapanpun. Salah satu di antaranya disebabkan oleh ibu hamil tersebut memang mempunyai riwayat kesehatan, dan itu ada sebelum ibu hamil menjalani masa-masa kehamilan mereka. Salah satu yang penting untuk dilakukan adalah perencanaan kehamilan. Tahap dalam perencanaan kehamilan yang vital yaitu pemeriksaan kesehatan dengan mengetahui kondisi sang ibu. Pemeriksaan tersebut berhubungan dengan yang namanya TORCH, ini bisa dilakukan supaya janin dan ibu hamil terhindar dari bahaya penyakit karena infeksi virus tersebut. Mari baca selengkapnya.


Mengenal penyakit TORCH


Penyakit TORCH ini mempunyai hubungan dengan infeksi karena virus. Adapun kepanjangan dari TORCH adalah Toxoplasmosis Other Infection, virus Rubella, Cytomegalovirus, beserta Herpes Simplex virus. Infeksi virus tersebut dapat membahayakan tidak hanya kesehatan ibu hamil, namun juga dapat beresiko terhadap kesehatan janin sewaktu masa-masa kehamilan. Seorang ibu harus bisa memiliki wawasan serta pengetahuan yang bisa membantu dalam mengurangi pengaruh negatif serangan penyakit TORCH. Sekarang mari bersama-sama membahas tentang penyakit TORCH secara lebih mendalam. Kenali masing-masing virus yang menjadi penyebab, penularan, serta efek apa yang akan dialami oleh pasien TORCH, karena penyakit ini juga termasuk ke dalam jenis penyakit yang sifatnya membahayakan.

Penyebab penyakit TORCH pada ibu hamil


Salah satu virus yang menjadi faktor penyebab penyakit TORCH yaitu virus toksoplasmosis. Ini adalah penyakit yang memiliki hubungan dengan pet atau hewan peliharaan, contohnya anjing dan kucing. Di mana kedua jenis hewan ini merupakan hewan peliharaan yang umum di Indonesia. Penyebab Toksoplasmosis yaitu parasit Toxoplasma Gondii, di mana parasit tersebut terdapat pada hewan peliharaan, baik itu anjing maupun kucing. Yang berikutnya yaitu Rubella, dikenal juga dengan nama lain campak Jerman. Udara merupakan perantara penyebaran virus ini. jika seseorang sudah terkena infeksi virus Rubella, maka ruam akan muncul pada bagian tubuh orang tersebut, nyeri otot, demam, serta pembesaran getah bening karena infeksi dapat terjadi.

Masih dalam penyakit TORCH, yang berikutnya yaitu Cytimegalovirus, biasa disingkat dengan CMV, disebabkan karena infeksi virus cytomegalo. Virus ini bisa menyerang wanita sebelum masa kehamilan terjadi dan juga ketika kehamilan berlangsung. Jika dilihat, perbedaan waktu adalah penyebab tingkat infeksi berat atau ringan pada diri ibu hamil. Itu yang membedakannya. Sama saja dengan herpes simpleks type 2. Penyakit herpes pada ibu hamil yang berbahaya yaitu penyakit herpes simpleks type 2, sebab penyakit ini akan menyerang alat kelamin sang ibu, dan kondisi tersebut akan mengakibatkan bayi lebih rentan juga ikut terserang penyakit herpes, khususnya jika menggunakan jalan lahir normal. Gejala-gejala ibu hamil yang terserang oleh herpes yaitu keputihan serta muncul bintik di alat kelamin ibu hamil tersebut.

Pemeriksaan kehamilan vital untuk dilakukan. Untuk mengurangi infeksi karena penyakit TORCH tersebut. Jika tubuh ibu hamil terserang oleh TORCH, maka sistem kekebalan tubuh akan meresponnya. Kekebalan tubuh ibu hamil yang terganggu dapat menyebabkan gangguan ke janin yang tengah dikandung. Dengan melakukan pemeriksaan yang tepat, ibu hamil pun akan terhindar dari berbagai pengaruh negatif virus. Biasanya gangguan ringan saja yang akan menyerang ketika masa kehamilan tiba, contohnya flu. Flu termasuk salah satu tanda jika ibu hamil terkena penyakit TORCH.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TORCH pada Kehamilan perlu Anda waspadai"

Poskan Komentar