Terapi di mana untuk Anak yang Terlambat Bicara


Terapi untuk anak yang terlambat bicara itu di mana. Untuk mengatasi anak yang terlambat bicara, ada beberapa alternatif terapi yang dapat Anda coba, termasuk jenis terapi yang sifatnya sederhana, yang mudah untuk dilakukan.


Pada usia 3 tahun lebih, seorang anak akan mulai untuk bersosialisasi bersama teman sebaya mereka, jadi memang kemampuan bicara adalah faktor utama yang ikut mempengaruhi dalam pergaulan tersebut. Oleh karena itu, masalah anak yang terlambat bicara di sini adalah masalah yang tidak boleh dipandang sebelah mata saja. Jika memang anak mengalami masalah tersebut, Anda sebaiknya melakukan terapi. Apabila Anda tak memiliki pengalaman sama sekali terkait terapi dengan masalah ini, Anda dapat menyerahkan kepada ahli terapi yang sudah berpengalaman, atau mencoba melakukan beberapa tips terapi sederhana yang memang sudah terbukti efektif. Salah satu masalah jika Anda membiarkan masalah ini berlarut-larut adalah anak dapat mulai memukul kepala mereka sendiri, juga menarik baju mereka, sebab mereka tak dapat mengutarakan keinginan mereka dengan bebas. Kembali ke topi terapi sederhana untuk mengatasi masalah di mana seorang anak terlambat bicara adalah di bawah ini.

Terapi sederhana untuk anak yang terlambat bicara

  • Mematikan televisi: Ketika seorang anak bercakap-cakap, Anda sebaiknya mematikan televisi, khususnya jika Anda tak menonton siaran TV tersebut. Itu karena suara televisi bisa mengganggu konsentrasi buah hati Anda untuk mendengar percakapan.
  • Bahasa isyarat: Anda juga dapat mengajarkan anak bagaimana menggunakan bahasa isyarat.

Flash card gambar simpel atau sederhana

Terapi yang berikutnya yaitu dengan memanfaatkan flash card bergambar, di mana anak-anak kecil suka dengan sesuatu yang ada gambarnya dan berwarna-warni. Pakailah beberapa flash card sederhana yang sudah Anda siapkan, dan minta buah hati Anda untuk mengulangi apa yang mereka lihat di flash card bergambar tersebut.

Meniup sedotan

Terapi ke 4 yang mampu membantu anak untuk mengatasi kesulitan berbicara adalah dengan berlatih meniup sedotan, contohnya meniup kapas pada meja. Metode sederhana tersebut jika dilakukan oleh anak Anda akan membantu menguatkan otot wajah, serta mulut, di mana itu nanti akan dipakai ketika anak berbicara. Alternatif cara yang lain yaitu dengan melatih anak untuk minum dengan memakai sedotan. Anda sebaiknya memilih sedotan yang bentuknya cukup unik, dengan begitu anak pun akan menjadi lebih tertarik dalam melakukan aktivitas ini, dibandingkan anak hanya menggunakan sedotan biasa saja.

Memancing anak meminta bantuan

Seorang anak pastilah memiliki benda kesukaan mereka sendiri, di mana antara satu anak dengan anak yang lainnya pastilah memiliki benda kesukaan yang tidak sama. Anda dapat menempatkan benda kesukaan tersebut pada tempat yang tidak terjangkau oleh mereka. Dengan begitu anak pun akan terpancing untuk berbicara, untuk meminta bantuan kepada Anda sebagai orang tua untuk mengambilkan barang kesukaan mereka tersebut. Untuk itu, jangan biarkan anak menangis, namun ajari anak untuk meminta bantuan dengan memakai bahasa isyarat, serta ajarkan juga bagaimana cara mengucapkannya.

Jangan lupa setelah anak melakukan sesuatu, yang merupakan bagian dari terapi anak terlambat bicara. Anda harus memuji mereka jika mereka sudah berhasil melakukannya. Dengan begitu anak akan mengerti dan akan semakin bersemangat untuk mencoba berbicara. Karena aktivitas tersebut walaupun terlihat mudah bagi orang dewasa, namun belum tentu mudah bagi anak Anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terapi di mana untuk Anak yang Terlambat Bicara"

Posting Komentar