Posisi tubuh Ibu Hamil yang baik


Posisi tubuh ibu hamil itu seperti apa? Saat seorang wanita dalam kondisi hamil, memang cukup banyak pikiran terkait posisi tubuh yang nyaman namun juga baik untuk kesehatan janin, serta memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas. Posisi tubuh memang akan semakin sulit seiring ukuran perut yang membesar. Perubahan fisik yang terjadi menuntut Anda untuk bisa menentukan posisi yang tepat. Dengan begitu Anda tak akan mengalami kesulitan untuk beraktivitas, selain itu Anda juga akan membuat janin tetap sehat. Mari baca selengkapnya.


Berdiri dan berjalan


Bagi Anda ibu hamil yang memang aktif untuk bergerak, Anda dapat mencoba melakukan jalan yang tepat semasa kehamilan. Cara jalan yang benar adalah kepala tegak ke arah depan. Usahakan supaya bahu tetap selalu tegak, juga posisi kaki harus sama rata ketika menahan berat tubuh. Hindari memakai sepatu hak tinggi, sebab sepatu hak tinggi akan membuat kaki Anda menjadi cepat pegal, selain itu kesehatan Anda juga akan terganggu. Apalagi ketika hamil tua, bahkan Anda berdiri untuk waktu yang lama, dengan posisi yang sama sangat tidak dianjurkan. Apabila memang Anda wajib berdiri, maka Anda dapat coba mengangkat 1 kaki dengan cara beristirahat pada bangku ataupun yang lainnya. Sesudah berjalan beberapa menit, gantilah posisi kaki. Begitu pula saat Anda bekerja atau memasak di dapur, di mana itu berarti Anda harus berdiri, karena tidak mungkin memasak sembari duduk, Anda dapat mengistirahatkan 1 kaki dengan bergantian, serta ubah kaki per 5 hingga 15 menit.

Posisi duduk ibu hamil


Berikutnya posisi tubuh ketika duduk untuk ibu hamil juga harus diperhatikan. Posisi duduk ibu hamil harus mengusahakan agar punggung lurus ke bahu yang ditarik pada bagian belakang. Berat badan ibu hamil yang meningkat dapat mempengaruhi otot, oleh karena itu dapat mengakibatkan rasa nyeri di daerah tubuh tertentu. Itu yang akan menyebabkan Anda sulit untuk memperoleh posisi paling nyaman untuk duduk. Posisi duduk yang seperti itu diharapkan bisa membuat Anda merasa nyaman. Anda dapat menyandarkan tubuh pada kursi, sofa untuk alternatif. Sandarkan bahu dan pinggul ke kepala sofa, dengan begitu Anda bisa merasa posisi duduk yang lebih nyaman juga. Pilihan lain yaitu dengan menyeimbangkan berat badan ibu hamil saat duduk, sewaktu kehamilan, kaki rentan pada rasa nyeri, itu karena beban yang berat pada tubuh, karena alasan itu pulalah maka ibu hamil jangan berdiri untuk waktu yang terlalu lama dengan posisi yang sama. Begitu pula saat sedang duduk, Anda dapat mencoba mengubah posisi duduk, perubahan posisi duduk tersebut dapat dilakukan per 30 menit, mulai dari posisi duduk awal yang Anda pilih.

Posisi ibu hamil mengambil benda jatuh


Saat sedang dalam kondisi hamil, memang mengambil benda jatuh yang posisinya tentu lebih rendah dari Anda itu akan cukup sulit. Untuk melakukan itu, jika sedang tidak ada yang membantu mengambilkan, Anda bisa menggunakan posisi postur tulang punggung yang diposisikan tegak lurus, kemudian usahakan sedikit demi sedikit Anda coba menekuk salah satu dari kaki Anda. Metode teraman yaitu dengan berpegangan ke tempat yang kuat, jangan sampai ibu hamil terguling, karena berbahaya bagi janin. Jaga keseimbangan dengan cara tundukkan punggung sedikit. Dan cara berdiri yang tepat setelah mengambil barang yang jatuh yaitu dengan 1 tangan tertumpu ke benda yang kuat sebelumnya, lalu pelan-pelan coba berdiri, posisi harus tegak lurus. Itulah beberapa cara tentang posisi tubuh ibu hamil.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Posisi tubuh Ibu Hamil yang baik"

Posting Komentar