Posisi tidur ibu hamil

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Posisi tidur ibu hamil: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Posisi tidur ibu hamil harus diperhatikan, tidak boleh sembarangan. Tidur untuk seorang wanita hamil adalah kebutuhan yang harus terpenuhi dan tercukupi. Janin yang berkembang dalam perut akan memberikan ketegangan ke tubuh ibu, karena itulah maka wanita hamil cepat mengalami kelelahan dan akan membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil. Yang terpenting terkait masalah tidur ketika hamil ini adalah posisi tidur, tentu posisi tidur ibu hamil tidak boleh sembarangan. Jangan sampai janin tertekan karena posisi tidur yang salah. Posisi tidur yang berkualitas harus seorang ibu perhatikan. Mari baca selengkapnya.


Posisi tidur aman dan nyaman

Posisi tidur yang tepat haruslah aman dan nyaman, khususnya bagi ibu hamil dan kandungan. Berbagai macam cara memang harus dilakukan agar ibu hamil dapat menjaga kesehatannya, dan tidur adalah salah satunya yang harus mendapatkan perhatian. Apabila di minggu awal kehamilan, seorang ibu hamil masih bisa menggunakan posisi tidur yang bebas, yang disukai, akan berbeda seiring perkembangan kehamilan. Di mana ketika ukuran perut semakin besar dan juga ada perubahan fisik yang lain – Jika ini sudah waktunya, maka posisi tidur yang bisa dipilih pun akan menjadi semakin terbatas.

Posisi tidur ibu hamil muda

Banyak sekali pertanyaan dari para ibu hamil muda seputar bagaimana posisi tidur yang tepat yang harus mereka gunakan. Jika umur kehamilan sudah memasuki trimester kedua, maka posisi tidur harus semakin diperhatikan. Apabila tidak ingin mendapat efek negatif yang fatal. Mungkin rasa takut dan rasa was-was pun akan muncul di benak, tetapi ini adalah hal yang wajar. Namun Anda akan bisa mengurangi perasaan tersebut dengan mengetahui posisi tidur yang tepat. Kembali berbicara mengenai posisi tidur untuk ibu hamil muda, tak perlu terlalu khawatir, Anda masih menggunakan posisi tidur favorit. Yang terpenting pada saat hamil muda, pastikan Anda dapat tidur dengan nyaman, dan juga nyenyak. Sehingga rasa lelah akan sirna, dan tubuh kembali fit setelah Anda bangun tidur.

Walaupun memang di awal kehamilan perut ibu hamil sudah mulai membesar, tetapi tetap saja perut telah dilengkapi sistem proteksi atau perlindungan sendiri pada janin. Karena itu, posisi yang bagaimanapun, janin dalam kandungan tetap akan merasa nyaman. Ini semua dikarenakan cairan ketuban yang akan membuat sang janin mempunyai ruang yang cukup untuk dapat bergerak dan juga berkembang.

Posisi tidur kehamilan trimester pertama

Jika usia kehamilan sudah mencapai trimester pertama, Anda sebaiknya mengikuti posisi tidur yang kami sarankan berikut ini. Walaupun memang pada trimester pertama kehamilan, posisi tidur apapun masih dapat digunakan. Tetapi alangkah baiknya jika Anda membiasakan posisi tidur yang tepat.

Posisi tidur tengkurap

Untuk ibu hamil yang ukuran perut masih tidak terlalu besar, dapat menggunakan posisi tidur tengkurap. Posisi ini cukup aman untuk janin juga. Namun tanda kehamilan pada usia kehamilan trimester pertama akan menyebabkan bagian dada menjadi lebih sensitif, ukuran dada pun akan menjadi lebih besar, karena itu mungkin jika posisi tidur tengkurap sudah tak nyaman lagi, Anda sudah bisa mengganti dengan posisi tidur terlentang contohnya.

Posisi tidur terlentang

Terlentang merupakan posisi tidur yang paling aman dan cukup nyaman juga untuk ibu hamil. Namun posisi tidur terlentang tak lagi disarankan jika usia kehamilan sudah 16 minggu, di mana perut telah mulai membesar. Itu karena posisi tidur terlentang akan menyebabkan beban pada rahim bertumpu ke bagian belakang dari tubuh Anda, khususnya organ usus beserta vena cava inferior. Karena itu berbagai gangguan kesehatan akan terjadi, contohnya sakit pinggang, wasir dan gangguan pencernaan. Tekanan darah juga akan ikut terpengaruh karena posisi tidur terlentang.

Posisi tidur miring

Dari ketiga posisi tidur, posisi tidur miring adalah yang paling direkomendasikan. Mengapa posisi miring direkomendasikan? Itu karena posisi ini tak akan menyebabkan bagian tubuh terbebani, khususnya miring ke kiri. Peredaran darah pun akan ikut lancar dengan posisi tidur ibu hamil cara miring ke kiri.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Posisi tidur ibu hamil"

Poskan Komentar