Penggunaan inkubator alami untuk merawat bayi prematur


Penggunaan inkubator alami untuk merawat bayi prematur, jika bayi pertama Anda terlahir secara prematur, jangan panik dahulu. Sekarang sudah ada yang namanya inkubator, alat ini digunakan untuk menjaga suhu tubuh bayi supaya tetap hangat, juga membantu bayi prematur untuk bernafas. Inkubator ini dapat Anda temukan pada NICU (Neonatal Intensive Care Unit), di mana sekarang sudah semakin canggih. Dari waktu ke waktu memang dunia medis senantiasa berkembang. Peluang bayi prematur dalam bertahan hidup pun akan lebih tinggi karenanya. Sesudah beberapa lama, bayi prematur yang sebelumnya lemah pun akan menjadi semakin kuat. Pemakaian inkubator perlahan akan dikurangi, hingga bayi prematur sudah siap untuk keluar dari ruang NICU dan boleh dirawat oleh orang tua. Mari baca selengkapnya.


Menyewa inkubator apakah direkomendasikan?


Walaupun begitu, beberapa orang tua ada yang tetap khawatir jika bayi prematur mereka keluar dari ruang NICU. Karena itu mereka dapat menyewa inkubator untuk digunakan di luar NICU. Perawatan bayi menggunakan inkubator sewaan sekarang ada juga yang harganya murah, walaupun tetap harus dipelajari terlebih dahulu.

Tetapi ada dokter anak yang menyebutkan jika menggunakan inkubator setelah bayi prematur keluar dari NICU itu sebenarnya tidak perlu untuk dilakukan, dan hanya membuang-buang uang saja. Tak hanya itu, bahkan disebutkan hal tersebut dapat merugikan. Memang sesungguhnya inkubator yang terbaik itu adalah tubuh ibu kandung bayi prematur itu sendiri, bukan alat inkubator sewaan.

Setelah keluar dari ruang NICU, seorang ibu dapat menggunakan tubuhnya sendiri untuk menghangatkan sang bayi. Ini lebih baik dibandingkan menggunakan inkubator sewaan tersebut. Karena itu lebih baik tetap pada metode pemakaian KMC atau Kangaroo Mother Care dibandingkan mengeluarkan uang tambahan untuk menyewa inkubator. Lebih baik menggunakan uang tersebut untuk membeli perlengkapan dan kebutuhan bayi. Teknik KMC sendiri yakni teknik pelekatan bayi ke tubuh ibu, di mana kemudian akan dikombinasi dengan pemberian ASI eksklusif kepada sang bayi.

Kontak kulit ke kulit benar-benar dibutuhkan dalam menjalankan metode KMC. Kehangatan bayi akan terjaga dengan kehangatan tubuh ibu. Metode KMC ini memberikan kelebihan yang cukup banyak bagi bayi yang lahir prematur, khususnya apabila Anda bandingkan dengan menggunakan inkubator. Biayanya pun tentu lebih murah, belum lagi manfaat ikatan batin yang meningkat antara ibu dan anak, hal ini adalah sebuah hal yang tak ternilai. Di mana ikatan batin tersebut tak akan diperoleh jika sang bayi menggunakan inkubator. Selain sentuhan, kata-kata yang diberikan oleh sang ibu pada bayinya, akan bisa meningkatkan perasaan dicintai. Metode KMC ini merupakan metode terbaik untuk stimulasi pertumbuhan beserta perkembangan bayi. Anda mungkin sudah pernah membaca mengenai sentuhan ibu pada bayi yang begitu ajaib.

Perawatan bayi prematur


Kulit seorang ibu adalah perawatan bayi yang terbaik yang merupakan inkubator alami yang sungguh mengagumkan. Menggunakan cara ini juga efektif dan efisien, juga menguntungkan secara psikologis bagi perkembangan sang buah hati kesayangan Anda. Bayi pun akan lebih merasa nyaman dibandingkan menggunakan inkubator sewaan. Dengan pemakaian inkubator standar, maka bayi dapat berubah menjadi pasif kurang aktif. Interaksi antara seorang ibu dengan bayinya yang kurang itu merupakan sesuatu yang kurang baik, di mana perkembangan buah hati cenderung mengarah ke sifat agresif ke depannya. Ini merupakan sesuatu yang buruk yang pasti tidak Anda inginkan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan inkubator alami untuk merawat bayi prematur"

Posting Komentar