Olahraga ibu hamil muda

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Olahraga ibu hamil muda: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Olahraga ibu hamil muda yang disarankan itu seperti apa. Salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan oleh ibu yang hamil muda adalah senam. Senam ini dapat menjaga kebugaran dan juga kesehatan tubuh ketika hamil. Tetapi tentunya sebelum memilih melakukan aktivitas senam bagi ibu hamil muda ini, Anda tetap disarankan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan, sebab dokter akan melihat kondisi kandungan Anda, dan memberikan saran yang terbaik yang sebaiknya Anda ikuti. Dengan begitu, Anda akan lebih aman dan tenang dalam melakukan senam tersebut. Di mana beberapa gerakan dalam senam ibu hamil walaupun aman, tetap saja bisa beresiko bagi beberapa kondisi tertentu. Di mana beberapa gerakan ada yang cukup menguras tenaga dan bersifat memberatkan. Mari baca selengkapnya.


Gerakan senam untuk ibu hamil muda

Berikut beberapa gerakan senam yang cocok dipraktekkan oleh ibu hamil muda, baik itu dilakukan sendirian saja maupun dilakukan bersama dengan tenaga ahli.

Anda siapkanlah matras, bisa juga kasur, pilih yang empuk. Itu akan digunakan menjadi alas dalam Anda melakukan gerakan senam tersebut.

Anda juga dapat duduk pada atas alas, posisi kaki bersila. Kemudian Anda tegakkan punggung juga letakkan tangan pada kaki, jika dilihat gerakannya seperti gerakan meditasi. Anda selanjutnya tarik lalu keluarkan nafas dengan perlahan menggunakan hidung. Anda dapat melakukan gerakan tersebut untuk beberapa menit.

Masih tetap dengan posisi duduk, berikutnya Anda luruskan ke 2 kaki depan kemudian Anda condongkan tubuh menuju bagian belakang menggunakan tumpuan ke 2 tangan yang ada di belakang. Selanjutnya Anda angkatlah kaki ke arah atas, kemudian Anda turunkan ke arah bawah. Kaki juga dapat Anda gerakkan pada arah samping kiri-kanan, di mana posisi kaki saat itu harus tetap lurus.

Masih dalam gerakan senam untuk ibu hamil muda. Gerakan yang berikutnya yaitu dengan posisi merangkak (Posisi punggung, kepala, pantat pada keadaan lurus). Sesudah itu Anda turunkan kepala sampai Anda dapat melihat perut, kemudian tahan untuk beberapa waktu lalu kembali lagi pada posisi awal. Anda dapat mengulangi gerakan tersebut untuk beberapa waktu, dan diikuti latihan pengaturan nafas.

Gerakan senam ibu hamil yang berikutnya yakni masih tetap di posisi merangkak. Turunkan tubuh depan, jika dilihat mirip dengan posisi bersujud, kemudian tahan posisi tersebut untuk beberapa waktu sebelum Anda kembali menuju posisi semula. Anda dapat melakukan gerakan tersebut dengan berulang-ulang, lakukan dengan perlahan-lahan, jangan terburu-buru.

Gerakan senam yang terakhir yang dapat Anda, para ibu hamil muda coba yaitu posisi berbaring miring pada salah satu sisi. Anda dapat meletakkan bantal pada bawah kelapa juga perut, jadi perut tak dalam posisi yang menggantung. Untuk posisi tangan, posisinya lurus ke depan, sementara kaki tetap pada posisi lurus. Sesudah itu, Anda dapat tekuk ke 2 kaki juga tangan pada arah perut bersamaan. Anda selanjutnya tahan posisi tersebut untuk beberapa waktu, sebelum Anda kembali pada posisi semula. Anda dapat melakukan gerakan tersebut selama beberapa waktu.

Di sini olahraga yang kami rekomendasikan bagi ibu hamil muda adalah senam. Karena memang senam merupakan olahraga yang tidak memakan terlalu banyak tenaga, dan lagi sudah ada gerakan khusus untuk ibu hamil. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi. Walaupun senam terlihat sepele, tetapi otot akan menjadi kendur tak tegang, peredaran darah pada tubuh ibu hamil pun akan lancar karenanya, tubuh juga menjadi terasa lebih bugar dan fresh.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Olahraga ibu hamil muda"

Posting Komentar