Mengetahui kesehatan sel telur dengan Tes HSG

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Mengetahui kesehatan sel telur dengan Tes HSG: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Tes HSG atau Histerosalpingografi merupakan pemeriksaan dengan menggunakan sinar X, memakai cairan kontras, di mana cairan tersebut dimasukkan dalam saluran telur atau tuba falopi dan rongga rahim. Tentu saja tes HSG ini memiliki tujuan tertentu, dan memiliki kaitan dengan sel telur. Demi mengetahui kondisi dari saluran telur, dan juga untuk mengetahui jika terdapat sumbatan, dan juga letaknya di saluran telur yang dapat mengakibatkan infertilitas. Dengan pemeriksaan HSG ini, Anda pun juga dapat mengevaluasi bentuk, struktur, dan ukuran dari rongga rahim, dengan begitu Anda dapat mendeteksi jika terdapat beberapa kelainan, contohnya tumor jinak pada rahim. Di mana tumor jinak tersebut tumbuh menuju arah rongga rahim atau mioma uteri jenis submukosum, adesi (Perlengketan) dinding rahim, polip rahim, ataupun berbagai kelainan bawaan dari rongga rahim yang lain, contohnya sekat di rahim atau septum. Pemeriksaan USG ini pun dapat juga digunakan untuk mengetahui apa faktor penyebab dari terjadinya keguguran berulang. Mari baca selengkapnya.


Kapankah waktu yang tepat untuk melakukan tes HSG

Waktu yang tepat bagi seorang ibu hamil untuk menjalankan tes HSG yaitu setelah haid namun sebelum terjadinya ovulasi, yakni pada hari ke sembilan hingga hari ke empat belas siklus haid, dengan tujuan memastikan Anda tak hamil saat pemeriksaan dilakukan. Waktu melakukan tes HSG tak boleh Anda lakukan saat menstruasi, sebab pembuluh darah kala itu sedang di dalam keadaan yang terbuka, jadi dikhawatirkan apabila akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Tes HSG juga sebaiknya tak dilakukan apabila Anda sedang mengalami infeksi pada saluran reproduksi, di pelvis (Daerah panggul) yang sifatnya cukup kronis, apabila baru saja menjalani proses operasi saluran telur atau rahim, dan menderita penyakit menular seksual.

Metode atau cara melakukan tes HSG

Pemeriksaan HSG dilakukan pada bagian radiologi, jadi sama seperti tempat ketika Anda melakukan foto rontgen. Sesudah mengganti baju yang Anda gunakan dengan baju pemeriksaan yang telah disediakan, kemudian Anda perlu untuk melepaskan perhiasan, lalu berbaring di mana ke 2 paha pada posisi litotomi atau terbuka. Jadi sama seperti saat Anda sedang melakukan pemeriksaan pap smear. Seorang dokter radiologi kemudian akan memasukkan spekulum pada vagina, mulut rahim pun akan terlihat, kemudian kateter akan dimasukkan pada rongga rahim dari mulut rahim. Selanjutnya cairan kontras pun akan disuntikkan pada bagian dalam rahim dengan menggunakan kateter, juga spekulum dikeluarkan. Saat cairan memenuhi rahim, foto rontgen pun akan diambil, masuk menuju bagian dalam dari saluran telur sampai (Apabila tak terdapat sumbatan) tumpah pada bagian dalam rongga perut.

30 menit

Umumnya waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan tes HSG hanyalah 30 menit saja. Sesudah selesai, maka kateter akan dilepas, namun Anda tetap berbaring untuk waktu beberapa menit, kemudian Anda akan dipersilahkan untuk bangun, kemudian mengganti pakaian. Setelah tes, Anda tetap dapat minum dan makan seperti biasa, baik sebelum maupun sesudah pemeriksaan dilakukan, dan juga Anda akan diminta untuk buang air kecil, dengan tujuan mengosongkan kandung kemih.

Mungkin saat kateter dipasang, tes HSG akan membuat Anda merasa tak nyaman, begitu pula ketika cairan kontras disuntikkan. Anda dapat merasakan kram perut, jadi sama seperti ketika Anda mengalami menstruasi apabila terdapat sumbatan pada saluran telur. Selain itu, Anda juga dapat merasakan sakit pada perut bagian bawah dan sakit kepala ringan. Sakit perut bagian bawah terjadi karena iritasi pada selaput perut atau disebut juga dengan peritoneum. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk membayar tes HSG sekitar Rp 700.000,00.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengetahui kesehatan sel telur dengan Tes HSG"

Posting Komentar