Menentukan cara Melahirkan melalui Anatomi Panggul

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Menentukan cara Melahirkan melalui Anatomi Panggul: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Ukuran dan bentuk panggul wanita akan mempengaruhi proses persalinan, itu terkait dengan jalur keluarnya janin melalui rahim. Sebagai tambahan, ada maupun tidak adanya jaringan lunak pada bagian dalam panggul juga akan ikut memberikan pengaruh pada kondisi seorang wanita, apakah seorang wanita itu bisa melahirkan dengan cara normal ataukah tidak. Mari baca selengkapnya.


Kapan melakukan pemeriksaan panggul

Ada waktunya kapan waktu untuk melakukan pemeriksaan panggul oleh ibu hamil yang disarankan. Waktu yang tepat adalah ketika awal kehamilan. Sebagian dari para wanita yang mempunyai bentuk panggul kurang sesuai bagi mereka untuk melakukan proses melahirkan normal. Walaupun itu yang terjadi, tetap tidak berarti jika para wanita tersebut tak bisa melakukan proses melahirkan normal dari vagina, proses melahirkan normal tetap dapat dilakukan. Bentuk dari panggul untuk memberikan informasi tambahan terkait resiko hambatan pada proses melahirkan. Itulah yang ingin diketahui dan memang perlu untuk diketahui. Jadi persiapan proses melahirkan memang cukup banyak, termasuk pemeriksaan panggul ini jangan dilupakan, karena termasuk salah satu faktor yang cukup penting juga.

Menutup jalur untuk bayi lahir

Gumpalan jaringan lunak yang tidak normal pada bagian dalam panggul bisa menutup jalur untuk bayi dilahirkan. Gumpalan abnormal tersebut, yang biasa ada, yakni fibroid uterus atau mioma, yakni massa yang muncul melalui jaringan rahim. Umumnya pertumbuhan mioma ini tak akan menjadi penyebab masalah sebab sebagian besar memang sudah ditemukan di bagian atas dari uterus. Tetapi jika mioma ada di panggul sebelah bawah, jalur lahir bagi bayi bisa tertutup. Sebelum beranjak lebih jauh, mengetahui bentuk panggul wanita, Anda juga perlu mempelajari tentang organ yang memang ada di dalamnya.

Organ reproduksi di daerah panggul seorang wanita

Tuba fallopi

Organ ini memiliki fungsi untuk membawa sel telur yang asalnya dari ovarium menuju rahim.

Endometrium

Ini adalah lapisan rahim.

Ovarium

Adalah organ reproduksi yang akan menghasilkan ovum atau sel telur. Seorang wanita mempunyai 2 ovarium, di mana keduanya ditopang membran yang berada pada sisi samping dari rahim.

Rahim

Memiliki nama lain uterus, adalah organ yang memiliki bentuk seperti buah pir. Organ ini mempunyai rongga yang bisa menampung janin. Posisi dari rahim ada pada perut di sebelah bawah, antara dubur dan kandung kemih.

Serviks

Mulut rahim, atau serviks, adalah bagian sempit rahim. Lokasi organ ini antara dubur dan kandung kemih juga. Mulut rahim ini memiliki rupa kanal (Saluran yang akan membuka menuju dalam vagina).

Vagina

Disebut juga dengan nama lain jalur lahir bayi, juga merupakan saluran yang berguna untuk mengeluarkan darah menstruasi. Organ vagina menghubungkan antara serviks atau mulut rahim dengan vulva.

Vulva

Ini adalah organ genital wanita bagian luar, mencakup bukaan organ vagina, labium mayor, labium minor, uretra (Bagian saluran kencing) dan klitoris.

Bentuk panggul dan pengaruhnya pada proses persalinan

Berikut di bawah ini merupakan beberapa bentuk dari tulang panggul wanita, dan pengaruhnya ke proses persalinan.

Platipeloid

Bentuk oval, bagian memipih dari diameter di bagian depan menuju belakang. Ini mengakibatkan janin melewati panggul, posisi kepala melintang. Resiko dari bentuk panggul ini yaitu dapat membuat ketidakmajuan persalinan normal dari vagina.

Android

Ini adalah tipikal bentuk panggul dari lelaki, di mana ukuran rongga dari panggul kecil, bentuk mirip simbol hati. Bentuk panggul ini beresiko dalam membuat ketidakmajuan dari persalinan normal yang melalui vagina.

Antropoid

Rongga dalam bentuknya oval, namun jarak sisi depan serta sisi belakang lebih lebar, apabila dibandingkan sisi kiri dan sisi kanan. Dinding bagian belakang cukup luas dalam menampung bagian belakang dari kepala bayi, juga sejajar. Karena itu menyebabkan bayi lahir dengan menghadap ke atas.

Ginekoid

Bentuk panggul wanita yang terakhir yaitu ginekoid. Ini adalah bentuk panggul paling umum, serta termasuk bentuk panggul yang paling sempurna yang memang paling sesuai dalam proses melahirkan dengan normal. Rongga dalam memiliki bentuk oval. Jarak sisi kanan menuju sisi kiri panggul itu lebih lebar jika dibandingkan jarak bagian depan menuju belakang. Di bentuk panggul ginekoid pada wanita hamil, tulang iscium tumpul, sementara lengkungan pubiknya cukup besar, sekitar sembilan puluh derajat, dengan kata lain lebih lebar.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menentukan cara Melahirkan melalui Anatomi Panggul"

Posting Komentar