Langkah-langkah memandikan bayi mudah untuk dipelajari

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Langkah-langkah memandikan bayi mudah untuk dipelajari: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Langkah-langkah memandikan bayi yang benar dan mudah akan sangat membantu Anda, para calon ibu yang baru saja melahirkan anak pertama – Atau hendak melahirkan anak pertama dalam beberapa waktu ke depan. Memandikan bayi memang merupakan rutinitas yang menyenangkan, namun Anda sebagai seorang ibu, jika baru pertama kali memiliki anak harus melakukannya ekstra hati-hati. Sebab jika Anda melakukannya tak hati-hati, maka macam-macam bahaya pun dapat mengancam bayi Anda ketika dimandikan. Adapun langkah-langkah mudah berikut ini dapat Anda lakukan ketika memandikan bayi, mari baca selengkapnya.


Alat-alat keperluan mandi bayi pastikan sudah dipersiapkan semua

  • Periksa suhu air sebelum memasukkan bayi dalam air. Metode termudah yang dapat Anda coba dalam melakukan pengecekan suhu air, apakah sudah pas atau belum adalah dengan mencelupkan siku dalam air. Apabila air Anda rasa tak terlalu dingin, juga tak terlalu panas, itu menunjukkan jika suhu air bagi bayi Anda sudah pas dan sudah aman. Air hangat benar-benar penting ketika memandikan bayi, sebab bayi akan merasa nyaman. Anda juga sebaiknya menjaga supaya suhu air hampir sama dengan suhu tubuh bayi. Karena itu bayi pun tak akan merasa kedinginan. Adapun suhu yang ideal yang dapat digunakan antara 36 hingga 37 derajat Celcius.
  • Hindari memandikan bayi memakai air dingin, sebab itu dapat membuat kulit bayi cepat kering. Lagipula suhu air dingin tak baik bagi kesehatan bayi.
  • Anda sebaiknya membatasi memandikan bayi menggunakan busa. Mandi busa itu memiliki kandungan detergent yang cukup tinggi, di mana detergent ini tak bagus untuk kulit bayi, kulit bayi berbeda dibandingkan kulit orang dewasa, masih sangat sensitif. Untuk sabun yang digunakan, pilihlah sabun bayi yang memiliki kandungan vitamin E dan aman digunakan bayi – Anda jangan memakai sabun mandi bayi yang menggunakan kandungan detergent tinggi.
  • Selain jangan menggunakan sabun bayi yang tinggi kandungan detergent, Anda juga jangan memandikan bayi menggunakan sabun antiseptik, atau sabun anti bakteri. Sebab sabun antiseptik itu memiliki sifat irritant, jadi kurang bagus untuk kulit bayi yang sedang dalam tahap perkembangan.
  • Hindari memandikan bayi sesudah mereka melakukan aktivitas makan, khususnya apabila bayi Anda baru lahir, sebab bayi yang baru lahir itu umumnya bisa sedikit muntah, sesudah mereka diberi makan, ini merupakan hal yang wajar. Apabila hal tersebut terjadi saat bayi sedang dimandikan, mereka bukannya semakin bersih, justru akan semakin kotor karena muntah tersebut.
  • Ketika membuka baju bayi, lakukan dengan hati-hati. Bungkus bayi menggunakan handuk pada pangkuan – Lalu usaplah mata bayi menggunakan kapas, di mana kapas sebelumnya sudah Anda basahi memakai air matang dingin. Bersihkan pada daerah wajah bayi, juga mulut bayi. Anda bersihkanlah mata bayi melalui arah luar menuju arah dalam, menggunakan kapas yang telah dibasahi tersebut.
  • Basuh bagian-bagian badan bayi, seperti wajah, kelapa, leher, dada, tungkai dan punggung bayi. Jangan lupa basuh bagian lipatan tubuh bayi, karena bagian lipatan tersebut biasanya menempel kotoran dan debu. Anda juga wajib membersihkan lubang hidung bayi, begitu pula dengan bagian terluar telinga bayi, bersihkan bagian yang bisa Anda lihat menggunakan cotton bud basah.
  • Sabuni badan dan kepala bayi menggunakan washlap.
  • Jangan lupa keramasi juga rambut bayi – Peganglah kepala bayi pada atas bak mandi. Sesudahnya keringkan, dan lepaskan handuk, letakkan 1 tangan pada bagian bawah pundak bayi, tangan lain Anda letakkan pada bagian pantat. Masukkan bayi dengan perlahan dalam bak mandi.
  • Topanglah bagian pundak dan leher bayi, sabuni kemudian bilas. Anda pegang bagian pantat bayi, lalu angkat. Bungkuslah bayi memakai handuk. Lalu tepuk lembut supaya kering. Anda kemudian biarkan dulu bayi terbungkus handuk ketika memakaikan popok dan baju mereka.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-langkah memandikan bayi mudah untuk dipelajari"

Posting Komentar