Ibu hamil Terserang Asma? Begini Cara Mengobatinya

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Ibu hamil Terserang Asma? Begini Cara Mengobatinya: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Cara menyembuhkan atau mengobati penyakit asma pada wanita hamil. Penyakit asma adalah penyakit pernafasan, yang dapat menyerang siapapun, tidak terbatas pada umur. Baik orang dewasa maupun anak-anak, bahkan ibu hamil dapat terjangkit asma. Asma sendiri adalah gangguan kesehatan yang mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan dalam bernafas, itu dikarenakan terdapat gangguan di organ paru-paru. Anda juga harus mengetahui jika saat seorang wanita hamil, resiko wanita tersebut terkena penyakit asma juga akan meningkat tajam, dibandingkan wanita yang sedang tak dalam kondisi hamil. Hal ini sudah pasti membahayakan kesehatan, kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan tentunya. Mari baca selengkapnya.


Apabila Anda sedang dalam kondisi hamil, maka Anda sebaiknya memperkecil kemungkinan atau potensi terserang penyakit asma, caranya dengan menjaga agar penyakit ini tak kambuh semasa kehamilan berlangsung. Metode yang dapat Anda gunakan yaitu dengan konsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter, dengan begitu kesehatan janin pun akan terjaga. Tak hanya mengkonsumsi obat saja, wanita hamil juga sebaiknya mengontrol penyakit asma dengan baik, sebab ketika ibu hamil bernafas, maka bayi juga ikut bernafas. Ingatlah dalam kandungan ada bayi yang masih berkembang. Untuk diketahui bahwa ibu hamil yang terserang penyakit asma juga berpotensi menyebabkan persalinan prematur, juga mengganggu pertumbuhan buah hati. Hal tersebut disebabkan oleh pertumbuhan bayi yang terhambat dan terganggu.

Tips mengatasi gangguan asma bagi ibu hamil


Kontrol kesehatan organ pernafasan paru-paru


Anda sebaiknya rutin dalam melakukan pemeriksaan kesehatan paru-paru, khususnya semasa kehamilan. Ini memiliki tujuan khusus, yaitu untuk memastikan jika janin memperoleh oksigen yang cukup. Keparahan penyakit asma bisa berubah kurang lebih 2/3 untuk waktu kehamilan. Menghindari hal yang tak diinginkan, maka pemeriksaan kandungan sebaiknya dilakukan. Pemeriksaan kandungan dapat dilakukan per bulan, dengan memantau fungsi dan gejala paru-paru. Untuk hal ini biasanya dokter memakai Peak Flow Meter atau Spirometri, yang digunakan sebagai alat untuk mengukur fungsi organ paru-paru ibu hamil.

Ahli medis profesional


Ketika sedang dalam waktu atau masa kehamilan, maka Anda sudah pasti kemungkinan besar berkonsultasi pada dokter spesialis kandungan. Namun jika Anda menderita penyakit asma, maka akan berbeda. Supaya penyakit asma yang diderita tak mengganggu kehamilan, Anda disarankan untuk melibatkan beberapa dokter untuk masa kehamilan Anda. Usahakan antara satu dokter dengan dokter lainnya juga dapat saling berkomunikasi, sebab keduanya merupakan dokter spesialis yang berbeda. Dengan begitu, Anda akan memperoleh pengobatan yang terbaik. Apabila memang memungkinkan, maka Anda dapat memilih dokter spesialis kandungan yang sebelumnya pernah ikut dalam yayasan Asma, bisa juga dokter yang memang sudah terbiasa dalam mengobati ibu hamil yang terkena gangguan asma tersebut.

Jaga supaya asma tak kambuh


Seorang ibu hamil dengan penyakit asma, harus belajar untuk menghindari berbagai pemicu asma. Pemicu asma contohnya, debu, rokok, dan asap. Alasannya adalah karena sebagian besar dari wanita yang memang mempunyai gejala penyumbatan di hidung itu memiliki hubungan ke serangan asma. Juga, Anda harus memperhatikan jika GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease – Yang juga kerapkali terjadi ketika masa kehamilan, bisa memicu terjadinya penyakit asma pada ibu hamil.

Nah itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan jika Anda terserang penyakit asma semasa kehamilan. Semoga infonya bermanfaat dan bayi Anda dapat lahir dengan sehat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ibu hamil Terserang Asma? Begini Cara Mengobatinya"

Posting Komentar