Cara merawat bayi prematur dengan tepat

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Cara merawat bayi prematur dengan tepat: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Cara merawat bayi prematur, sebagai orang tua tentu ingin anaknya mendapatkan yang terbaik. Apapun keadaan anak mereka, sudah pasti kasih sayang yang diberikan orang tua tetap maksimal. Namun mungkin pada beberapa waktu, ada beberapa bayi yang tidak lahir dengan sempurna, salah satunya yaitu bayi prematur. Cara merawat bayi prematur ini berbeda dibandingkan cara merawat bayi yang dilahirkan dengan normal. Mari baca selengkapnya.

(Cara merawat kesehatan bayi prematur)

Perawatan dalam NICU


Bayi prematur membutuhkan perawatan khusus, yang akan dilakukan dalam NICU atau Neonatal Intensive Cara Unit. Perawatan tersebut akan diberikan hingga sang bayi bisa mengejar keterlambatan yang terjadi dalam perkembangan mereka, yang membedakannya dibandingkan bayi yang lahir normal. Apabila memang bayi prematur telah memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam dunia medis, izin dibawa pulang pun akan diterima oleh orang tua bayi tersebut. Karena itu sebagai orang tua, jika bayi yang dilahirkan prematur, harus lebih bersabar. Sekarang ini merupakan momen paling membahagiakan sekaligus melegakan dan menegangkan untuk para orang tua, sebab bayi prematur tersebut tetap akan memerlukan perawatan khusus yang harus mereka berikan di rumah. Jadi tidak serta merta perawatan tidak diberikan lagi. Karena membutuhkan perawatan khusus, ketika bayi prematur diperbolehkan pulang, kesiapan orang tua juga benar-benar dibutuhkan. Kesimpulan yang didapatkan dari perawatan yang harus diberikan pada bayi yang lahir prematur, atau bayi yang lahir terlalu cepat, adalah menciptakan suasana seperti di dalam rahim. Untuk tips-tipsnya dapat Anda temukan di bawah ini.

Suhu kamar bayi


Anda harus mengatur suhu kamar bayi dengan tepat. Suhu kamar yang dibutuhkan oleh bayi prematur yakni 26 sampai dengan 27 derajat Celcius. Suhu tersebut dibutuhkan supaya suhu badan bayi stabil.

Kamar bayi


Persiapan pada kamar bayi juga dibutuhkan. Anda harus memastikan kamar bayi selalu bersih dan juga nyaman, bebas dari bau menyengat. Di mana bayi prematur ini lebih mudah terserang infeksi dan berbagai penyakit yang lainnya. Sebab daya tahan tubuh bayi prematur masih tidak sempurna. Hindari menempatkan kamar bayi pada kamar yang mudah terkena polusi debu (Dekat jalan raya), juga Anda jangan merokok di dekat kamar bayi prematur tersebut. Begitu pula jauhkan dari orang sakit, khususnya sakit yang bersifat menular.

Kangaroo Mother Care


Anda mungkin juga akan membutuhkan metode KMC, yakni Kangaroo Mother Care. Caranya yaitu menggendong bayi, bisa juga dengan meletakkan bayi pada bagian dada ibunya. Karena itu kulit bayi pun akan bersentuhan langsung dengan kulit ibu. Cara ini benar-benar berguna untuk bisa menjaga suhu tubuh bayi prematur Anda supaya tetap stabil, juga bisa membantu mempererat hubungan emosional ibu dan bayi tersebut. Perawatan menggunakan cara ini untuk bisa mempertahankan suhu tubuh sang bayi, itu merupakan tujuan utamanya. Dan manfaat lainnya adalah untuk menstabilkan nafas dan denyut jantung sang bayi, bayi pun dapat beristirahat dengan cukup, supaya bayi jarang menangis, juga bisa meningkatkan ASI serta bonding, metode ini sangat dianjurkan – Khususnya untuk bayi yang memiliki berat badan kurang dari 2500 gram.

Program ASI eksklusif


Bayi prematur juga akan membutuhkan program ASI eksklusif. Air Susu Ibu adalah nutrisi vital untuk membantu meningkatkan bobot bayi, juga untuk meningkatkan antibodi sang bayi. Untuk bayi prematur, pemberian ASI ini lebih baik sedikit tetapi berikan cukup sering, jangan berikan sekali banyak. Bayi prematur seringkali tak dapat langsung menyusu, karena itu Anda dapat memerah ASI kemudian Anda berikan pada bayi Anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara merawat bayi prematur dengan tepat"

Posting Komentar