Cara menjaga kehamilan usia muda


Tips ibu hamil muda, hamil muda yakni di mana usia kandungan masih muda – Adalah minggu-minggu yang benar-benar rawan, sehingga Anda tidak boleh sembarangan. Jika Anda tak hati-hati, maka potensi keguguran dapat terjadi. Anda sebagai seorang wanita tentu saja tak menginginkan hal tersebut menimpa diri Anda, begitu pula dengan janin Anda. Lalu apa sajakah hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kehamilan Anda? Anda dapat membaca selengkapnya pada kesempatan artikel kesehatan ibu hamil kali ini.


Tips bagaimana proteksi kehamilan usia muda

Hindari aktivitas berat merupakan hal yang pertama yang sebaiknya Anda lakukan. Itu karena di awal kehamilan biasanya wanita mudah kelelahan, tak hanya itu banyak wanita yang juga jatuh pingsan karenanya. Ini dapat terjadi disebabkan oleh tekanan darah wanita hamil yang benar-benar rendah. Anda pun sebaiknya menghindari aktivitas yang mengharuskan seseorang duduk maupun berdiri terlalu lama. Di usia kehamilan usia muda tersebut, para wanita hamil harus mendapatkan istirahat yang cukup, jangan sampai kelelahan.

Tips kedua yaitu sebagai seorang ibu hamil, sebaiknya menghindari konsumsi rokok, obat-obatan, kafein, dan juga minuman beralkohol. Juga hindari zat-zat yang bisa mengancam kesehatan janin. Jika Anda kurang mengerti atau ragu saat ingin mengkonsumsi sesuatu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis kandungan yang menangani Anda. Dengan begitu resiko kesehatan janin terganggu karena konsumsi makanan atau minuman yang salah pun dapat Anda hindari. Resiko bayi terlahir cacat dapat terjadi, bahkan hanya diakibatkan oleh ibu hamil yang merokok. Sementara itu, mengapa minuman dengan kandungan kafein juga tidak diperbolehkan, alasannya adalah karena kafein bisa mempengaruhi zat besi pada darah ibu hamil.

Aktivitas dan istirahat yang seimbang

Tips berikutnya masih terkait aktivitas ibu hamil. Seorang ibu hamil harus bisa menyeimbangkan antara beraktivitas dan istirahat, jangan sampai berat sebelah. Istirahat merupakan hal yang benar-benar vital, namun tetap tak disarankan bagi ibu hamil terlalu banyak istirahat atau terlalu banyak tidur – Sebab badan akan tetap terasa tidak nyaman jika terlalu banyak tidur. Di waktu-waktu ini, wanita hamil akan cukup mengalami banyak rasa tak nyaman pada tubuh, dengan melakukan aktivitas ringan dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam menunjang vitalitas pada masa-masa kehamilan, wanita hamil juga dapat mengiringi dengan olahraga ringan.

Asupan nutrisi dan gizi yang baik

Asupan nutrisi dan gizi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus mencukupi, khususnya yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi ketika dalam masa kehamilan, maka asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil akan lebih banyak dibandingkan seorang wanita yang sedang dalam kondisi tidak hamil. Biasanya nafsu makan ibu hamil itu juga akan berkurang, karena rasa mual yang dialami, namun kebutuhan nutrisi dan gizi tidak boleh sampai terganggu. Kondisi rasa mual yang dialami oleh wanita hamil merupakan hal yang wajar dan tidak bisa dihindari, itu karena hormon sang ibu sedang tinggi saat itu.

Berhubungan badan

Aktivitas berhubungan badan saat sedang dalam kondisi hamil sebaiknya ditunda dahulu. Apabila jika usia kandungan itu masih muda, sebab resiko keguguran akan meningkat. Tetapi jika usia kandungan sudah tua, apabila ingin berhubungan badan suami istri, maka sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan. Untuk berjaga-jaga saja.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara menjaga kehamilan usia muda"

Posting Komentar