Cara memandikan bayi yang baru lahir dengan benar


Cara memandikan bayi yang baru lahir tentu membutuhkan cara tersendiri, tidak boleh salah. Dibandingkan memandikan anak yang sudah berumur lebih dari 1 tahun tentu saja berbeda, di mana memandikan bayi itu harus dilakukan oleh yang berpengalaman dan dibutuhkan kehati-hatian lebih. Karenanya, jika bayi tersebut adalah anak pertama Anda, Anda tentu merasa takut jika melakukan kesalahan dalam memandikan bayi. Apalagi susunan tulang bayi kala itu masih lembut. Namun mungkin akan berbeda jika bayi yang dilahirkan tersebut adalah anak kedua, sebab Anda akan memiliki pengalaman sebelumnya. Walaupun tetap saja kehati-hatian tidak boleh terlewatkan. Mari baca selengkapnya.


Menyewa jasa bidan


Jika ingin memandikan bayi dengan lebih aman, maka seperti disebutkan sebelumnya, memandikan bayi sebaiknya dilakukan oleh orang yang memang sudah berpengalaman. Dalam hal ini orang yang memenuhi kriteria tersebut adalah bidan. Anda dapat menyewa jasa bidan untuk memandikan bayi yang baru lahir. Dengan itu, maka Anda dapat meminimalkan resiko melakukan kesalahan dan menjaga agar bayi tetap sehat. Tetapi yang menjadi masalah adalah mungkin sewaktu-waktu bidan sedang tidak ada, dengan kata lain hanya Anda sendiri yang dapat memandikan bayi. Kondisi seperti ini bukan tidak mungkin terjadi, namun sangat mungkin. Oleh karena itu, paling tidak Anda harus mempersiapkan informasi mengenai bagaimana teknik tepat untuk memandikan bayi pertama Anda.

Memakai spons


Anda dapat memandikan bayi yang baru lahir dengan menggunakan spons. Alternatif penggunaan spons adalah kain yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Ini merupakan bahan yang halus dan cocok digunakan untuk memandikan bayi dengan usia satu minggu. Basuhlah tangan dan juga wajah bayi menggunakan spons atau kain tersebut, jangan lupa membersihkan popok bayi (Bokong dan alat kelamin), itu dilakukan tiap kali Anda mengganti popok sang bayi.

Apabila tali pusar bayi telah lepas, kering dan bekas lukanya telah benar-benar sembuh atau sembuh total. Maka Anda bisa memandikan bayi pada wadah berukuran lebih besar, sesuaikan dengan ukuran tubuh bayi Anda. Contohnya memakai baskom, baby bath bed ataupun baby bather. Walaupun bayi saat itu masih belum dapat banyak bergerak, tetapi Anda jangan sekali-sekali meninggalkan bayi di baby bath bed. Selain itu, jangan lupa untuk menutup keran air. Bayi dalam masa-masa ini sangat rentan dan membutuhkan penjagaan lebih. Jika tidak, bayi Anda dapat tenggelam. Di mana bayi masih belum mengerti bagaimana keluar dari baby bath tersebut jika terbalik.

Berapa kali memandikan bayi yang baru lahir


Tentu Anda juga penasaran, berapa kalikah Anda boleh memandikan bayi yang baru lahir dalam satu hari? Jika bayi baru lahir, tak perlu memandikan bayi terlalu sering, Anda cukup memandikan mereka 3 x satu minggu, bukan satu hari. Sebab bayi kala itu tak terlalu banyak bergerak, serta tak terkena debu di luaran rumah. Jika memandikan bayi terlalu sering justru efek buruk akan dialami oleh sang bayi, yakni kulit menjadi lebih kering. Kecuali bayi Anda sudah aktif dan sudah berusia agak besar, jadi mereka dapat merangkak – Ini memungkinkan tubuh bayi terkena debu dan kotoran, sehingga memandikan mereka 3x seminggu tentu kurang dan harus lebih.

Begitu pula ketika memandikan bayi janganlah terlalu lama, Anda cukup memandikan bayi untuk waktu 5 menit saja. Tetapi ini juga tergantung situasi dan kondisi. Kondisi bagaimana respon bayi Anda ketika mandi. Yang terakhir, jangan lupa menggunakan air hangat untuk memandikan bayi. Anda jangan menggunakan air dingin, apalagi untuk bayi yang baru lahir dan berumur belum seminggu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara memandikan bayi yang baru lahir dengan benar"

Posting Komentar