Alat-alat untuk memandikan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Alat-alat untuk memandikan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Alat-alat untuk memandikan bayi baru lahir, alat-alat tersebut harus lengkap, sehingga akan mempermudah ketika memandikan bayi. Selain itu bayi juga akan merasa nyaman dan aman. Bayi yang merasa tidak nyaman sendiri mudah untuk diketahui, karena bayi akan menangis. Memang pada usia tersebut, bayi masih belum bisa bicara, sehingga mereka akan mengungkapkan perasaan mereka melalui menangis. Jika mereka menangis, sebaiknya Anda hentikan aktivitas mandi bayi. Jika tidak Anda dapat mencoba mandi bersama sang bayi, sembari menenangkan bayi, khususnya jika bayi masih belum benar-benar bersih, dan masih harus dibersihkan lagi. Yang terpenting jangan sampai bayi kedinginan, khususnya jika waktu mandi terlalu lama, bayi yang baru lahir itu rentan sakit. Mari baca selengkapnya.


Peralatan mandi bayi lengkap, bayi pun nyaman


Berikut beberapa peralatan dan perlengkapan yang sebaiknya Anda persiapkan. Sehingga Anda tak perlu mengambil lagi ketika sedang memandikan bayi, karena seperti disebutkan artikel sebelumnya jika Anda jangan sampai meninggalkan bayi di tempat mandi, karena bayi beresiko tenggelam. Bayi baru lahir harus selalu dalam penjagaan penuh. Bahkan tak hanya bayi baru lahir saja, bayi yang berumur lebih dari 1 tahun pun harus Anda jaga penuh ketika mandi. Jika memang mau ditinggalkan, selesaikan dulu aktivitas mandi bayi tersebut.

Handuk dan bantal


Apabila Anda mau mengelap tubuh bayi Anda, Anda sebaiknya mempersiapkan handuk dan bantal. Karena kedua perlengkapan ini akan benar-benar membantu Anda. Belum lagi karena tangan Anda harus memegang bayi terus menerus. Anda pertama letakkan bantal, bungkus bantal menggunakan handuk sebelumnya, kemudian Anda dapat membaringkan bayi di atas bantal yang telah dibungkus tersebut. Jangan lupa untuk melakukan aktivitas ini pada ruang yang tertutup, jangan ada angin ataupun ac. Ini bertujuan supaya bayi tak kedinginan, karena saat itu bayi tak mengenakan pakaian apapun.

Kain washlap


Kain washlap juga akan Anda butuhkan, alternatifnya spons mandi bayi. Basuh tubuh bayi menggunakan kain washlap ini mulai leher hingga bagian bawah, jangan dari bagian bawah ke leher.

Bak mandi bayi


Yang tidak kalah penting dalam peralatan mandi bayi adalah bak mandi bayi. Lebih baik membeli bak mandi bayi khusus, karena memang bak tersebut sudah didesain sesuai ukuran tubuh bayi, sehingga aktivitas Anda memandikan bayi yang baru lahir akan terasa lebih mudah – Dibandingkan Anda menggunakan bak plastik biasa. Juga, sebaiknya bak mandi bayi dipersiapkan terlebih dahulu, termasuk mengisinya dengan air hangat. Agar ketika bayi sudah dilepas pakaiannya bisa langsung dimandikan, tidak perlu menunggu lagi. Namun biasanya bak mandi bayi ini dipakai untuk bayi dengan usia yang sudah lumayan besar, bukan yang baru lahir.

Alkohol


Apabila tali pusar sang bayi masih menempel, Anda dapat memakai alkohol dengan tujuan menjaga kebersihannya. Tetapi Anda sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter tentang apakah Anda diperkenankan menggunakan alkohol tersebut pada bayi, karena itu harus melihat kondisi kesehatan bayi juga, jadi tidak boleh sembarangan.

Popok bersih


Yang berikutnya adalah popok bersih. Popok bersih dapat Anda beli di supermarket, selalu sediakan cadangan popok bersih.

Sabun dan shampoo bayi


Jangan lupa menyiapkan sabun dan shampoo bayi. Shampoo bayi biasanya tidak bersifat pedih ke mata. Jangan gunakan sabun dan shampoo orang dewasa untuk bayi yang baru lahir.

Produk kulit bayi, sikat halus, gunting kuku, bola kapas dan handuk bertopi juga dapat Anda persiapkan. Kesemua itu akan berguna nanti baik saat maupun setelah Anda memandikan bayi yang baru lahir.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat-alat untuk memandikan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan"

Posting Komentar