Air kelapa bagi ibu hamil

Kehamilan adalah hadiah yang terindah. Jangan sampai mengorbankan kesehatan kehamilan Anda.


Tips terkait Air kelapa bagi ibu hamil: Pastikan Anda memiliki dokter kandungan langganan, dan lakukan konsultasi rutin.
Mitos terkait air kelapa bagi ibu hamil mungkin sudah pernah Anda dengar sebelumnya. Tetapi apakah mitos tersebut benar atau tidak, apakah ibu hamil boleh konsumsi air kelapa atau sebaiknya menghindari minuman tersebut? Mitos menyebutkan jika air kelapa bagus untuk ibu hamil, di mana air kelapa jika dikonsumsi oleh ibu hamil dipercaya bisa membuat bayi lahir dengan lebih sehat. Apalagi persediaan air kelapa yang banyak di negara Indonesia yang merupakan negara tropis, semakin mendorong nenek moyang untuk memanfaatkan air kelapa dengan maksimal. Tetapi ternyata di balik mitos tersebut, air kelapa menyimpan macam-macam zat yang bersifat menyehatkan, baik itu untuk ibu hamil, maupun untuk wanita yang sedang tak hamil. Mari baca selengkapnya.


Kandungan gizi air kelapa

Jika berbicara tentang manfaat dari air kelapa, maka Anda harus mengetahui apa saja kandungan dari air kelapa. Tentunya kandungan tersebut yang menunjang efek positif bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Protein

Kandungan pertama dari air kelapa adalah protein. Ternyata air kelapa dilengkapi kandungan protein cukup tinggi. Di mana sebanyak 0,72 gram protein untuk air kelapa 100 gram. Maka dapat dilihat bahwa kandungan protein dari air kelapa ini termasuk tinggi. Sebab kebutuhan tubuh manusia akan protein per harinya itu kurang lebih 1 gram saja.

Antioksidan

Air kelapa juga termasuk kategori minuman yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kandungan dalam air kelapa yaitu magnesium, karbohidrat, vitamin B, vitamin C, kesemua kandungan itu berfungsi sebagai antioksidan. Karena itu air kelapa bagus untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

Serat

Kandungan ketiga dari air kelapa yang memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil yaitu serat. Air kelapa kaya akan serat juga. Di dalam air kelapa paling tidak Anda akan menemukan serat 1,1 gram untuk air kelapa 100 gram. Sementara manusia akan membutuhkan serat sebanyak 18 gram per satu harinya. Dengan konsumsi air kelapa yang cukup, maka kebutuhan serat harian pun juga akan terpenuhi.

Kalsium

Dalam 100 gram air kelapa Anda juga akan menemukan rata-rata kalsium 24 miligram. Dengan kandungan kalsium dalam air kelapa tersebut, maka kebutuhan kalsium Anda akan tercukupi, yang terpenting rutin minum air kelapa. Anda tak perlu mengkonsumsi suplemen kalsium lagi yang notabene dijual dengan harga yang cukup mahal.

Manfaat air kelapa bagi ibu hamil

Mencegah kram kaki

Dengan konsumsi air kelapa, maka kram kaki pada ibu hamil pun dapat Anda cegah. Masalah kram kaki sudah menjadi masalah umum yang dialami oleh para wanita hamil. Ini disebabkan karena kalium yang kurang dalam tubuh. Sementara air kelapa adalah minuman dengan kadar kalium yang cukup tinggi, karena itu kram kaki pun akan bisa dicegah.

Elektrolit alami

Air kelapa juga berfungsi sebagai elektrolit alami bagi ibu hamil. Dalam air kelapa terdapat keseimbangan sama dengan darah Anda, dilengkapi kandungan protein, kalium, serat, vitamin C, dan mangan. Kesemua itu memiliki fungsi untuk menjaga daya tahan dan stamina ibu hamil.

Antitoksik

Mengapa air kelapa bagus dikonsumsi oleh ibu hamil, adalah karena fungsi antitoksik dari minuman tersebut. Di mana air kelapa memiliki fungsi untuk penawar racun. Kandungan asam lauric dalam air kelapa sama persis dengan asam lauric yang terdapat di ASI. Asam lauric tersebut akan menawarkan racun di dalam darah, karena itu resiko terserang penyakit pada bayi yang dikandung dan ibu hamil pun akan menurun.

Itulah beberapa manfaat dari minum air kelapa untuk ibu hamil. Air kelapa bagus untuk bayi di dalam kandungan juga.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air kelapa bagi ibu hamil"

Poskan Komentar